Home / TANGERANG RAYA

Kamis, 24 Oktober 2019 - 18:22 WIB

Aliansi Buruh Banten Bersatu Tuntut Gebernur Rekomendasikan Kenaikan UMK di 4 Kota dan Kabupaten

SEKILASBANTEN.COM, TANGERANG – Surat edaran Kementerian Ketenaga Kerjaan, terkait kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2020, yaitu sekitar 8,51 persen. Dinilai
tidak sesuai dengan survei pasar.

Untuk itu, Aliansi Buruh Banten Bersatu menuntut, agar Gubernur Banten Wahidin Halim dapat merekomendasikan kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) pada empat kota dan kabupaten yang ada di daerah Banten pada 2020 mendatang.

Berdasarkan surat edaran dari Kementerian Ketenaga Kerjaan (Kemenaker) telah ditetapkan kenaikan UMP tahun 2020 sekitar 8,51 persen.

Dan penetapan tersebut akan dijadikan sebagai surat acuan Gubernur Banten, yang akan diedarkan kepada kepala daerah baik kota ataupun kabupaten yang ada di daerah Banten.

Saat ditemui di Areal Hotel Soul Marina, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Kamis (24/10/2019) siang. Presidium Aliansi Buruh Banten Bersatu, Galih Wawan Haryanto mengatakan, bahwa kenaikan UMP berdasarkan surat edaran Kemenaker tidak sesui dengan survei pasar.
“UMP yang ditetapkan melalui surat edaran itu tidak sesui dengan survei pasar dan kebutuhan hidup
layak,” ujarnya.

Baca Juga  Pengurus Kadin Tangsel Periode 2018-2023 Resmi di Lantik

Untuk itu, pihaknya akan mendesak Gubernur Banten Wahidin Halim, untuk dapat merekomendasikan kenaikan UMK pada empat kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Banten.

“Empat kota dan kabupaten yang saya maksud yaitu Kota Cilegon, Kota Tangerang, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang,” terang Galih.

Menurut Galih, jika Gubernur Banten tidak dapat merekomendasikan apa yang menjadi kebutuhan buruh di Provinsi Banten, pihaknya mengancam akan melakukan aksi besar-besaran.

Baca Juga  Bupati Tangerang Lantik 142 PJ Kepala Desa

“Jika Gubernur tidak dapat merekomendasikan apa yang menjadi keinginan buruh, kami akan melakukan aksi demo besar-besaran,” tandas Galih.

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Provinsi Banten, Dedi Sudarajat menjelaskan, kenaikan UMK di empat kabupaten dan kota berdasarkan rekomendasi dari Aliansi Buruh Banten Bersatu berlandaskan pada survei pasar yang ada dan kebutuhan hidup layak.

Adapun kenaikan UMK kabupaten dan kota yang direkomendasikan oleh Aliansi Buruh Banten Bersatu yaitu, Kota Tangerang sebesar 4 juta 434 ribu rupiah, Kota Cilegon 4 juta 482 ribu rupiah dan Kota Tangsel 4 juta 297 ribu rupiah. (Red)

Share :

Baca Juga

MILITER

Komunikasi Satgas TMMD di Desa Sasaran, Tarik Minat Anak-Anak Ingin Jadi TNI

KEPOLISIAN

Polres Tangsel Siap Mengamankan Nataru

TANGERANG RAYA

Menanti Sentuhan Pemkot Tangsel, Berharap Rumah Peninggalan Demang Belanda Jadi Cagar Budaya

TANGERANG RAYA

Siap Gelar MTQ XX, Wali Kota Tangerang Kukuhkan 125 Dewan Hakim

TANGERANG RAYA

Ada Kejelasan, Aksi Desak Walikota Batalkan Pelantikan Dirum PDAM TB Gagal

Kota Tangerang

LPKA Kelas I Tangerang Bagikan Masker dan Vitamin ke Anak Binaan Serta Masyarakat

BANTEN

Launcing Laboratorium, RSIA Bunda Citra Ananda Ciputat Unggulkan Program Bayi Tabung

KEPOLISIAN

Sampaikan Permohonan Maaf Atas Perilaku Anggotanya, Kapolres Bersilaturami ke Rumah Sen Lin