SEKILASBANTEN.COM, KABUPATEN TANGERANG – Sekitar 600 lebih bakal calon (balon) kepala desa (kades) mengikuti seleksi tes tulis atau ujian komperensif di Gedung Sport Centre Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Selasa (8/10/2019).

Ujian tulis seleksi Pilkades serentak dilaksanakan oleh panitia pemilihan desa di tingkat Kabupaten Tangerang Para kandidat ini harus mengikuti serangkaian ujian tes tulis.

Selain itu, Panitia Pilkades Kabupaten Tangerang Di ajari Hadapi Kerawanan Materi yang diujikan berlandaskan Peraturan Bupati. Setiap peserta ujian diwajibkan menjawab setiap pertanyaan yang disajikan sebagai pertimbangan penjaringan bakal calon kades.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyampaikan, balon kades harus mengikuti tes tertulis tersebut untuk tes kemampuan dasar dan ini merupakan salah satu syarat.

“Untuk para bakal claon kepala desa yang lolos seleksi atau tes, mudah-mudahan mereka bisa bertanding kompetisi secara demokratis. Bagi yang tidak lolos tentu saja harus menjadi catatan pengalaman dan harus legowo,” ujar Bupati Tangerang.

Lanjut Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat dapat membantu menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala desa dengan baik.

“Untuk masyarakat saya himbau mensukseskan pelaksaanan Pilkades ini yang adil dan demokratis. Jangan sampai ada konflik di masyarakat karena nanti ini akan merugikan,” jelas Zaki.

Dikatakan lagi Zaki berharap kepada balon kades harus menegerjakan ujiannya dengan sungguh-sungguh, karena itu menjadi hal yang penting untuk menentukan kelulusan.

“Jangan sampai ada konflik di masyarakat. Ada tim independen yang memeriksa di sini. Tidak ada satu pun yang merupakan titipan dan segala macamnya. Semua transparan, karena tim independen yang memeriksa tidak ada satupun yang merupakan titipan atau segala macam tidak ada, semuanya secara transparan dan terbuka,” pungkasnya.

Untuk diketahui ujian komperensif merupakan salah satu syarat dasar untuk lolos menjadi calon kades di wilayah Kabupaten Tangerang. (rs)