KOTA TANGERANG,SB.COM –  Bangunan Base Transceiver Station (BTS), diduga belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) berdiri di wilayah RT 01 RW 02, Kelurahan Bugel, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

Bangunan Rooftop Triangle Tower tersebut telah melanggar Peraturan Walikota (Perwal)  Nomor 32 Tahun 2017, Pasal 17. Bahwa setiap pembangunan menara telekomunikasi wajib memiliki IMB yang diterbitkan DPMPTSP sesuai dengan kententuan peraturan perundang-undangan.

Solihin Ketua RT 01 RW 02, saat ditemui menjelaskan, bangunan tower yang berdiri sekarang di bangunan milik keluarganya yang disewa oleh pihak tower Telkomsel, Jelasnya. Selasa (29/05/2018).

“Sudah lama berdirinya 2 bulan yang lalu, pihak tower menyewa 150 juta selama 10 tahun. Semua sudah lengkap izin lingkungannya 30 keluarga sudah diberi 300.000/kk, malah oleh pihak tower dibangun paping jalan kita,” tambah Solihin.

Lanjut Solihin. Terkait izin pembangunan, kita tidak tanggung jawab dan tidak tau hanya pihak yang membangun tower yang tau, sampai sekarang aja towernya belum berfungsi lantaran mesinnya belum terpasang,” ucapnya.

Ketika disinggung terkait izin dan mengetahui pihak Kelurahan serta kecamatan, Ia pun menjawab. “Semua sudah beres oleh pihak yang membangun tower, tanya aja oleh pihak towernya,” kata Solihin kepada wartawan.

Masih ditempat yang sama, Warga setempat yang tidak mau namanya disebut, mengatakan. Bahwa dirinya telah diberi dana untuk izin lingkungan untuk pembangunan tower tersebut, kalau tidak salah istri saya yang terima 300 ribu uangnya,” terang dia.

“Pihak tower pun membangun jalan paping juga, sepanjang kurang lebih 100 meter, ya jadi bagus jalannya pak,” tutupnya. (GN)