Home / LIFESTYLE / TANGERANG RAYA

Minggu, 26 Januari 2020 - 14:30 WIB

Berikut Manfaat Lari Sore Hari Yang Perlu Kalian Lakukan

SEKILASBANTEN.COM, TANGERANG – Beberapa orang bekerja sejak pagi hari, sehingga kadang tidak memiliki waktu untuk olahraga. Bahkan, untuk sekadar lari atau jogging di sekitar rumah. Namun jika tak sempat melakukan olahraga di pagi hari, Anda bisa melakukannya di sore hari.

Pasalnya, ada berbagai manfaat olahraga seperti lari sore hari yang bisa Anda dapatkan, terlebih jika Anda menjadikannya sebagai rutinitas harian. Meski sebenarnya hingga saat ini, belum ada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa lari pada waktu tertentu, termasuk pada sore hari, dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih dibandingkan bila dilakukan pada waktu yang lain.

Waktu olahraga terbaik, termasuk lari, adalah saat Anda benar-benar melakukannya secara konsisten sehingga aktivitas tersebut menjadi suatu kebiasaan atau rutinitas harian. Namun, ada beberapa hasil penelitian dan pendapat para ahli yang membahas mengenai manfaat lari sore ini. Apa sajakah itu?

1. Lebih efektif

Terdapat satu penelitian yang mengatakan bahwa performa tubuh Anda akan meningkat pada sore hari, yakni pada pukul 4 hingga 5 petang, bahkan hingga pukul 7 malam. Pada rentang waktu tersebut, tubuh Anda berada pada puncak performanya sehingga aktivitas olahraga apa pun yang Anda lakukan akan lebih efektif.

2. Meminimalisir risiko terjadinya cedera saat lari

Salah satu manfaat lari sore adalah mencegah risiko terjadinya cedera. Pasalnya, detak jantung dan tekanan darah Anda cenderung lebih rendah pada sore hari. Dengan demikian, Anda cenderung menjadi lebih cepat dan lebih fokus. Selain itu, otot-otot tubuh Anda lebih fleksibel saat sore hari sehingga meminimalisir risiko terjadinya cedera saat lari.

Baca Juga  Apriori Keterlibatan Ormas Dalam Kancah Politik, PAC PP Ciputat Ambil Sikap

3. Melepas stres

Beberapa orang mungkin merasakan manfaat lari sore dapat membantu melepas stres akibat pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan sejak pagi hingga siang hari. Ini karena saat olahraga, termasuk lari, tubuh Anda akan memproduksi hormon endorfin. Hormon tersebut berperan penting dalam menghilangkan tekanan dan rasa khawatir dalam diri sehingga dapat melepas stres.

Selain itu, endorfin dapat memicu munculnya energi positif dalam tubuh. Kebahagiaan dan kepuasan setelah melakukan lari dapat memberikan energi positif dan rasa bahagia dalam menjalani aktivitas. Endorfin juga memiliki peran sebagai analgesik, yang berarti dapat mengurangi persepsi rasa sakit yang dirasakan tubuh. Hormon ini bertindak seperti halnya obat penenang. Dengan begitu, olahraga dapat membebaskan pikiran Anda dari berbagai masalah sehingga meningkatkan suasana hati menjadi lebih positif dan bahagia.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat lari sore secara teratur lainnya adalah dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari sehingga Anda dapat tidur lebih nyenyak. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari kebiasaan terbangun di malam hari. Jika Anda mengalami sulit tidur di malam hari, melakukan olahraga lari mendekati waktu tidur mungkin bisa menjadi pilihan. Akan tetapi, pastikan Anda memberi jeda waktu beberapa saat antara waktu lari dan waktu tidur.

5. Terhindar dari paparan sinar matahari yang terik

Manfaat lari sore berikutnya adalah Anda akan terhindar dari paparan sinar matahari. Pasalnya, suhu panas matahari saat sore hari cenderung lebih rendah dibandingkan saat pagi atau siang hari. Dengan demikian, Anda pun akan merasa lebih nyaman saat lari di sore hari.

Baca Juga  Bangun Generasi Muda Berprestasi, Syachrudin Minta Olahraga Catur Terus Dikembangkan

Lari sore atau lari pagi hari, mana yang lebih baik?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa belum ada studi yang membuktikan mengenai waktu lari terbaik, apakah pada pagi atau sore hari. Akan tetapi, waktu berolahraga atau lari memang dapat memengaruhi suasana perasaan Anda saat sedang melakukannya.

Para ahli pun berpendapat bahwa waktu lari terbaik adalah saat Anda benar-benar melakukannya secara konsisten sehingga aktivitas tersebut menjadi rutinitas harian Anda. Selain soal waktu, faktor lain juga turut berpengaruh terhadap konsistensi Anda berolahraga. Misalnya, lokasi olahraga, jenis olahraga yang dilakukan, hingga dengan siapa Anda melakukannya.

Agar tetap termotivasi, pilihlah jenis olahraga yang Anda nikmati. Jika Anda orang yang senang menghabiskan waktu sendiri, pilihlah jalan cepat, berlari, berenang, atau bersepeda sebagai aktivitas fisik harian.

Sementara, jika Anda senang berolahraga seraya bersosialisasi dengan orang lain, Anda bisa melakukan olahraga sepakbola bersama teman atau anggota keluarga Anda. Kendati demikian, para ahli menyarankan apabila Anda mengalami kesulitan untuk konsisten berolahraga, sebaiknya lakukan olahraga saat pagi hari. (RS)

Share :

Baca Juga

Tangerang Selatan

Pastikan Idulfitri 1445 H Aman, Benyamin Tinjau Pos Pantau Lebaran

Kabupaten Tangerang

Kick-Off Vaksinasi Ketiga, Bupati Tangerang Bersama Forkopimda Disuntik Vaksin Booster

Kabupaten Tangerang

Sambut 1 Muharram, Warga Binong Pawai Obor Keliling Kampung

PARLEMEN

Wakil Ketua DPRD Meminta Keluarga terpapar Corona Jangan Dikucilkan

Kota Tangerang

MUSKOT Askot PSSI Kota Tangerang, Sachrudin Ditetapkan Jadi Ketua Periode 2023-2027

Kota Tangerang

500 Sertifikat Tanah Diterbitkan Untuk Warga Kota Tangerang

Kabupaten Tangerang

PSHT Rayon GBM Gelar Acara Silaturahmi di Pantai Tanjung Anom

TANGERANG RAYA

Warga Menolak Eksekusi Lahan di Kawasan Depan SMK Triguna Ciputat
error: Content is protected !!