SEKILASBANTEN.COM, KOTA TANGERANG – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang, menggelar acara peningkatan kapasitas Potensi Sumber Kesehatan Sosial (PSKS) Tingkat Kota Tangerang, di Gedung Convension Center Kota Tangerang, Jalan Merdeka Cimone, Kecamatan Karawaci, Selasa (26/3/2019).

“Jadi, kegiatan hari ini dalam rangka mempererat membinaan mental, diikuti 1013 orang peserta se-Kota Tangerang,” ujar Sekretaris Dinsos (Sekdis) DRS. Heryanto MAP, disela-sela acara kepada sekilasbanten.com.

Menurutnya, kerja sosial itu adalah pekerjaan yang berat. oleh karenanya permasalahan sosial itu permasalahan yang sangat komplek, sehingga harus terus dilakukan perekat-perekat ini. Selain memperkuat mental kegiatan ini juga terkait dengan BPNT dan PKH.

“PSM itu kan sebetulnya Fasilitator yang memfasilitasi segala permasalahan-permasalahan masyarakat yang ada di bawah, barang tentu tentang kemiskinan atau masyarakat kurang mampu,” paparnya.

Disinggung terkait keluhan masyarakat mengenai PKH, ia menjelaskan, bahwa PKH itu diberikan tri wulan, sedang BPNT setiap bulan diberikan. Adapun kendala dilapangan menurutnya tergantung dari KPM nya, karena dalam penyaluranya atas kesepakatan PKM.

“Harus di koordinasikan dengan pihak BNI nya ya, karena dananya dari Kemensos ditransfer ke bank kemudian masuk ke kartu mereka masing-masing atau ke KPM yang bersangkutan,” kata Sekdinsos.

Lebih lanjut Sekdis menjelaskan, bahwa kegiatan ini sesuai yang dicanangkan Walikota. Yang mencanangkan bisa memfasilitasi seluruh masyarakat yang ada, khususnya masyarakat yang tidak mampu bisa terayomi atau pemerintah daerah harus hadir ditengah-tengah masyarakat, itu intinya.

“Dinamika kehidupan masyarakat kan pasti ada perubahan terkait pendataan masyarakat yang berhak menerima bantuan, yang tadinya mampu jadi tidak mampu bahkan sebaliknya. Nanti akan kita dilakukan ferivikasi data oleh temen-temen dilapangan, mereka plus mendata karena PSM yang ada dilapangan melekat, agar dalam praktek penyaluran tepat sasaran,” pungkasnya. (Gusnur).