SEKILASBANTEN.COM, TANGERANG SELATAN – Kegiatan unik Warga RT 001 RW 09, Kampung Bulak Benda Baru, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel), dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriah melakukan sebar duit dan makan bersama.

“Tradisi sebar duit tahunan ini saban bulan muharam kita juga mengadakan sedekah bumi atau sedekah barit sekaligus kirim doa buat leluhur sesepuh kampung kita,” papar Arsid ketua RT 001, Kampung Bulak kepada Sekilasbanten.com, Jumat(13/9/2019)

Acara yang di adakan setiap hari jumat selama bulan muharam ini sudah jadi turun temurun dari leluhur jaman dahulu.

“Ini dari leluhur jaman dulu bang, Atas rasa bersyukur kita sebar duit pakai pecahan logam 500 rupiah sampai 1000 rupiah, sebanyak 500 ribu yang kita sebar,” jelasnya

Terlihat di lokasi keseruan warga saat menunggu duit yang ingin disebar, salahsatu warga, Sutianah mengatakan acara ini merupakan wujud rasa bersyukur kepada Allah SWT

“Saya mengucapkan rasa bersyukur, pokoknya tradisi leluhur ini jangan sampai hilang walaupun perkembangan jaman sudah modern,” ujarnya Sutianah memperlihatkan wajah senangnya.

Lanjut Sutianah, acara sebar duit dan doa bersama di tutup dengan makan bersama warga agar semakin guyub lagi rasa kekeluargaannya. (Aji)