SEKILASBANTEN.COM, BANDAR LAMPUNG – Terkait keberhasilan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Panjang, Polresta Bandar Lampung, mendapat penghargaan dari Kementerian Pertanian RI, dalam pengawasan dan penindakan karantina hewan dan tumbuhan di Pelabuhan Panjang, Rabu (12/12/2018).

Penghargaan tersebut secara simbolis diserahkan dari Kepala Balai Karantina Hewan dan Tumbuhan Kelas 1 Lampung Muhammad Jumadi, kepada Waka KSKP Panjang Polres Kota Bandar Lampung, Ipda Pol Toni Suherman sebagai perwakilan.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan Focus Grup Discussion (FGD) tentang sistem pengendalian peredaran satwa liar dan produknya ditempat pemasukan dan pengeluaran. Sebagai narasumber dari Kementrian lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI.

Kepada awak media, Kasi Humas Polres Kota Bandar Lampung AKP Titin Maezunah mengatakan, dalam rangka melindungi negeri dari ancaman masuk dan menyebarnya hama penyakit hewan dan organisme pengganggu tumbuhan, hewan dan tumbuhan asing yang invasif yang dapat merusak sumber daya alam hayati serta masuknya pangan segar yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan.

Kondisi ini menjadi peluang maraknya pelanggaran -pelanggaran di bidang perkarantinaan pertanian dan pengawasan keamanan hayati, seperti pemasukan pangan secara illegal dari luar negeri melalui wilayah perbatasan.

“Kami jajaran Polresta Bandar lampung, memberikan ucapan selamat untuk jajaran Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Panjang Polresta Bandar Lampung atas penghargaan tersebut. Polri dalam hal ini melaksanakan perannya sebagai fungsi preemtif maupun penegakkan hukum bersama sama instansi terkait jika terjadi pelanggaran guna menjamin keamanan dan melindungi masyarakat,” jelas AKP Titin Maezunah. (Agus/Hms)