SEKILASBANTEN.COM, JAKARTA – Memasuki tahun ajaran baru 2019-2020, Lanud Halim Perdanakusuma menggelar sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Pradita Dirgantara yang akan segera dibuka, Rabu (9/1/2018).

Ketua Yasarini Cabang 2/Daerah 1 Lanud Halim Perdanakusuma Ny. Isa M. Tonny Harjono selaku Ketua Panitia Daerah PPDB SMA Pradita Dirgantara wilayah Jakarta menjelaskan, sosialisasi yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang PPDB SMA Pradita Dirgantara, mulai dari proses seleksi sampai dengan pelaksanaan pembelajaran, termasuk fasilitas-fasilitas lain yang akan menunjang pembelajaran.

“Sosialisasi kami laksanakan di beberapa sekolah menengah pertama, baik negeri maupun sekolah unggulan yang ada di wilayah Jakarta dan di dalam Lanud Halim Perdanakusuma sendiri.  Dengan sosialisasi ini, adik-adik siswa SMP akan memahami tentang SMA Pradita Dirgantara, yang nantinya akan menjadi pilihan bagi adik-adik SMP untuk melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya,” paparnya.

Secara tehnis, Kepala Dinas Personel Lanud Halim Perdanakusuma Letkol Pnb Fata Patria selaku Wakil Ketua Panitia Daerah PPDB SMA Pradita Dirgantara di Jakarta menuturkan, Lanud Halim Perdanakusuma menurunkan empat tim yang akan melaksanakan sosialisasi dibeberapa sekolah menengah pertama.

“Ada 20 sekolah yang menjadi sasaran kami, namun tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan sekolah, bagi sekolah-sekolah lain yang berkeinginan untuk disosialiasikan, dapat berkoordinasi langsung dengan kami, akan kami kirim tim sosialisasi ke sekolah tersebut, untuk menjelaskan keberadaan, jadwal, syarat, dan prosedur PPDB SMA Pradita Dirgantara,” terangnya.

Lebih dalam Letkol Pnb Fata Patria mengatakan, Sosialiasi kami laksanakan secara bertahap menyesuaikan jadwal dari pihak sekolah, sampai dengan tahap sosialisasi berakhir.

“Hingga saat ini, kami sudah melaksanakan sosialiasi di SMPN 48 di Kebayoran Lama, dan hari ini (Rabu, 9/1) rencana kami akan berkunjung ke SMPN 115 Tebet dan SMPN 98 Lenteng Agung,” ujarnya.

Terkait dengan tahap-tahap PPDB SMA Pradita Dirgantara, lebih lanjut Letkol Pnb Fata Patria menjelaskan, proses PPDB SMA Pradita Dirgantara terbagi dalam lima tahap, masing-masing tahap dilaksanakan secara simultan. Tahap pertama adalah sosialiasasi yang akan berakhir pada 31 Januari 2019 mendatang.

Selanjutnya Ia menjelaskan, Tahap kedua, yaitu pendaftaran dan seleksi administrasi, yang dilaksanakan secara bersamaan dengan tahap pertama, pada tahap ini para peserta mendaftar secara online yang sudah di buka sejak 1 Januari 2019 dan berakhir pada 31 Januari 2019.  Pada bulan berikutnya, Februari 2019 mendatang akan dilaksanakan pengumuman pemanggilan seleksi daerah, yang kemudian dilanjutkan dengan tahap ketiga, yaitu seleksi tingkat daerah, serta pengumunan pemanggilan untuk seleksi tingkat pusat.

“Seleksi pusat atau tahap keempat akan dilaksanakan pada Bulan Maret 2019, dan diakhiri dengan pengumuman kelulusan yang akan dilaksanakan pada minggu keempat Maret 2019,” ucapnya.

Ia menambahkan, Proses PPDB SMA Pradita Dirgantara, mulai dari pendaftaran sampai dengan pengumuman kelulusan dilaksanakan secara online. “Untuk keterangan lebih lanjut adik-adik siswa dapat membuka website resmi SMA Pradita Dirgantara http://sma.praditadirgantara.sch.id atau menghubungi kami di Lanud Halim Perdanakusuma,” pungkasnya. (Gusnur)