SEKILASBANTEM.COM, JAKARTA – Setelah tiga hari penuh melaksanakan latihan, mulai dari gladi posko Jumat (22/3) dan manuver lapangan yang berakhir hari Rabu (Kamis, 27/3), secara resmi Komandan Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb Firman Wirayuda menutup Latihan Rajawali Perkasa 2019, di ruangan kelas Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (22/3/2019).

Dalam amanatnya Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono, S.E. yang di bacakan oleh Komandan Wing Udara 1 Kolonel Pnb Firman Wirayuda mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakan latihan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan, pemahaman dan kemampuan dalam mengaplikasikan perintah pimpinan khususnya dalam pelaksanaan dukungan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Salah satu OMSP yaitu penanggulangan bencana alam yang terjadi di wilayah NKRI, oleh karenanya, latihan ini merupakan kegiatan berkesinambungan untuk merumuskan prosedur mekanisme pembinaan Prajurit Lanud Halim Perdanakusuma. Khususnya pada pelaksanaan OMSP dalam Penanggulangan bencana alam.

“Yang tidak kalah penting dalam pelaksanaan latihan Rajawali Perkasa tahun 2019 ini, telah terlaksana dengan baik dan lancar tanpa adanya hambatan, dengan harapan dapat dipertahankan pada latihan -latihan berikutnya,” kata Danlanud.

Dari pengamatan setiap rangkaian kegiatan Latihan Rajasa, ia menilai setiap personel telah berusaha melaksanakan tugasnya masing-masing dengan baik. Begitu juga semangat, keterampilan, koordinasi dan komunikasi berjalan dengan lancar.

“ini merupakan salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan latihan, sehingga tujuan dan sasaran latihan dapat tercapai, oleh karena itu secara umum pelaksanaan latihan satuan “Rajawali Perkasa” Lanud Halim Perdanakusuma tahun 2019 ini telah berlangsung dengan baik,” tutup Danlanud. (Gusnur).