SEKILASBANTEN.COM, KOTA TANGERANG – Kelurahan Pabuaran Tumpeng Wilayah RW 10, Kecamatatan Karawaci, Kota Tangerang akan segera mewujudkan Kampung Tematik.

Hal itu ditandai dengan kunjungan Maestro Go Green, Bambang Irianto “Glintung” dari Malang Jawa Timur, yang ditugaskan Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah untuk merubah kampung-kampung kumuh yang ada di Kota Tangerang menjadi bersih, indah dan nyaman.

“Jadi tahap sekarang ini kita melakukan pendampingan, setelah setahun kita melakukan sosialisasi Kampung Tematik, nanti warga yang bergerak berikutnya mendapatkan pendampingan,” ujar Bambang Irianto, kepada sekilasbanten.com usai sosialisasi ke Warga RW 10. Kelurahan Pabuaran Tumpeng.

Selama di Kota Tangerang Ia mengaku, turun ke kampung-kampung berdiskusi dengan warga, mana yang sudah benar mana yang masih kurang. Seperti yang sekarang ini ia lakukan bersama puluhan warga RW 10 Kelurahan Pabuaran Tumpeng. Selain dirinya berkenalan sekaligus presentasi dan selanjutnya nanti akan melakukan edentifikasi kondisi kampung ini.

“Nanti sore akan saya sampaikan dalam acara Focus Group Discusion (FGD) di Kantor Kelurahan nanti malam. Dan selama setahun ini sudah kita lakukan di Seluruh kelurahan dan seluruh RW yang ada di Kota Tangerang,” papar Bambang.

Menurut dia, Kota Tangerang telah menjadi kota yang terbanyak memiliki Kampung Tematik. Ia mengaku sudah 2 Tahun berbagi pengalaman dengan Kota Tangerang. Dikatakanya, bahwa Kampung Tematik sudah menjadi Program Wali Kota untuk membangun kampung-kampung kumuh.

Ibu-Ibu Warga RW 10 Ajak Maestro Go Green, Bambang Irianto Berfoto Bersama, Rabu (9/10)

“Kita bangun kampung-kampung Tematik supaya layak huni, layak kunjungi dan syukur-syukur layak Investasi. Dan semua Kecamatan yang ada di Kota Tangerang sudah ada Kampung Tematiknya. Kita perbaiki pelan-pelan dengan kemandirian warga dan kualitas lingkungan, oksigen diperbanyak ciptakan taman disemua lorong kampung. Dan kebersihan menjadi prilaku, PHBS itu mutlak yang akhirnya kampung ini betul betul menjadi layak huni,” kata Bambang.

“Kalau nantinya bisa menjadi kampung edukatif, maka akan menjadi pusat studi banding dan akan menjadi kampung wisata. Disitulah kesejahteraan masyarakat bisa meningkat dan berkelanjutan,” ujarnya.

Bambang menambahkan, bahwa kampung-kampung tematik ini memang menjadi targetnya. Dirinya berharap dengan melakukan kunjungan- kunjungan dan sosialisasi langsung, dan melalui media sosial diharapkan menjadikan warga sadar akan kampung yang bersih, teduh, nyaman dan sehat.

Usai acara, Maestro Go Green Bambang Irianto bersama Lurah Pabuaran Tumpeng Ujang Soleman, Ketua RW 01 Harisudin, Ketua RW 02 Suryadi dan Ketua RW 10 Saidun dan tokoh masyarakat setempat berdikusi di Posyandu RW 10, membahas situasi lingkungan. (Gusnur).