SEKILASBANTEN.COM, KABUPATEN TANGERANG – Mewakili Komandan Koramil (Danramil) 02/Curug, Babinsa Desa Kadu Sertu Usman menyampaikan apresiasi luar biasa kepada Paguyuban Arek Jawa Timur (Pagarjati). Yang telah melakukan kegiatan peringatan Hari Pahlawan pada 10 November 2019 ini, Minggu (10/11/2019). Sekaligus menyantuni ratusan anak Yatim/Piatu.

Hal itu Ia sampaikan dalam sambutanya dalam acara peringatan Hari Pahlawan yang digelar Pagarjati, bertempat di Lapangan Cijengir, Jalan Raya Pasir Randu, Kp. Cijengir RT 03 RW 07, Desa Kadu, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang.

Acara Peringatan Hari Pahlawan dengan Tema “Anak Muda Tidak Lupa Sejarah” itu dihadiri ribuan anggota Pagarjati se-Jabodetabek dan Ormas-ormas lainya yang turut diundang dalam acara tersebut.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pagarjati yang telah melaksanakan peringatan hari Pahlawan pada 10 November ini, di jaman milennial sekarang ini jarang kegiatan seperti ini diadakan untuk mengenang para pahlawan yang telah memerdekakan negeri kita ini,” ungkap Sertu Usman.

Dijelaskannya, bahwa peringatan hari Pahlawan berawal dari perjuangan arek-arek Surabaya, dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dengan sangat heroik dan sangat luar biasa pada saat itu. Untuk itu pemerintah RI menetapkan setiap tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan.

“Jika dulu berjuang dengan senjata, tapi kini mari kita berjuang untuk tidak melakukan hal-hal yang provokatif, Sara serta hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” ajak Sertu Usman.

Ia menambahkan, agar kegiatan Peringatan Hari Pahlawan tidak dilaksanakan hanya seremonial saja, tetapi dapat dilakukan dengan hal-hal yang dan positif, salah satunya adalah kegiatan seperti yang dilakukan Pagarjati pada hari ini.

Sertu Usaman menilai, apa yang dilakukan Pagarjati adalah hal yang luar biasa terhadap bangsa dan Negara. “Ini yang kita harapkan, karena kegiatan ini dirasa sangat bermanfaat buat masyarakat sekitar maupun paguyuban,” ujarnya.

“Kegiatan santunan seperti ini dengan mengundang anak-anak yatim/piatu, membantu saudara-saudara yang memang membutuhkan. Saya juga berharap paguyuban pagarjati ini semakin mempererat dan semakin merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa,” harapnya.

Sertu Usman meminta, Pagarjati harus mampu mempererat dan mempertahankan apa yang telah di perjuangan para pendahulu bangsa, dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.

“Sekali lagi selamat atas terbentuknya dan berdirinya kantor sekretriat Pagarjati yang ada di desa Kadu semoga bermanfaat bagi lingkungan, bagi organisasi itu sendiri maupaun masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Selain santunan, acara tersebut juga diisi panggung hiburan dengan menghadirkan penyanyi kondang campursari Sony Joss, Samsaka, KPJ dan artis Ibu Kota lainya.

Tak hanya itu, pagelaran kesenian tradisional juga ditampilkan dalam acara tersebut di antaranya, Reog (Pagarjati), Pencak Silat (TTKDH) dan Debus Banten. Yang antaraksi-atraksinya sangat memukau para hadirin.        (Gusnur)