SEKILASBANTEN.COM, TANGERANG SELATAN – Jalur Simpang Duren, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai dilakukan penataan simpang jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat.

Akibat dari pekerjaan ini, jalan yang banyak dilalui kendaraan harus ditutup untuk sementara waktu. Warga diminta agar menghindari jalur Simpang Duren dari arah pintu keluar Tol Pondok Aren menuju Ciputat.

Menurut Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Aries Kurniawan menjelaskan, dikarenakan jalan yang miring maka perlu penataan jalan, saat ini akan ada penutupan dan pengalihan jalan sementara di Perempatan Duren sampai dengan jalan Dewantoro.

“Penutupan jalan sementara ini akan memakan waktu 2 bulan hingga akhir Desember,” ujar Aries di salah satu restauran Serpong pada Kamis, 10 Oktober 2019.

Sementara, Kabid Bina Marga Budi Rahmat menuturkan, pekerjaan Simpang Duren, dari arah keluar Pintu Tol Pondok Aren jalan Dewantoro ke jalan Simpang Duren sepanjang 150 meter. Karena ada kegiatan penataan ini tentunya akan menjadi titik kemacetan yang sangat padat di wilayah tersebut.

Baca Juga:Terkait Penganiayaan Menkopolhukam RI, Kapolda Banten Gelar Dorstop

“Jadi kegiatan DPU ini bekerjasama dengan Dinas Perhubungan, kita bagian pembangunan fisik sedangkan Dishub pemasangan Traffik Light. Sebenernya sudah dianggarkan tahun lalu, namun baru terealisasi saat ini, dan berharap dimaklumi kepada masyarakat dengan adanya penataan jalan ini, tujuannya untuk perbaikan jalan yang ada di Kota Tangsel,” jelas Budi Rahmat.

Budi juga mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan masyarakat setempat Simpang Duren baik dengan RT dan RW serta Polsek Ciputat dan juga pihak Polres Kota Tangsel.

Selain daripada penataan jalan di Simpang Duren ada perbaikan saluran air, guna meminimalisir banjir di Simpang Jalan Viktor. Pihak DPU Bina Marga akan membangun Cross Drain di daerah Buaran, dikarenakan pembungan airnya tidak ada, makan akan dialirkan ke arah kali Jaletreng.

“Jadi jalan Simpang Tekno, di daerah Buaran untuk menanggulangi banjir di wilayah tersebut, kita akan membangun Cross Drain. Dan tentunya akan menimbulkan macet juga di wilayah persimpangan tersebut. Namun kita akan menutup sebagian jalan saja, dan dialihkan satu jalur saja,” tambah Aris Kurniawan.

Dengan adanya penataan jalan di Simpang Duren (Ciputat) dan juga pembangunan Cross Drain di Simpang Tekno Buaran (Serpong), diharapkan masyarakat pengguna jalan untuk menghindari jalan tersebut agar tidak terjadi kemacetan.

“Kami dari pihak Dinas PU dan Bina Marga memohon dimaklumi apabila mengganggu perjalan diwilayah yang sedang kami kerjakan, karena niat kami untuk memperbaiki jalan dan jembatan yang ada di Tangsel, ini hanya selama 2-3 bulan saja, setelah itu bisa digunakan kembali,” tandas Budi Rahmat. (Tb/*)