SEKILASBANTEN.COM, KABUPATEN TANGERANG – Ratusan warga dari dua Desa di Kecamatan Cikupa lakukan aksi jalan kaki sepanjang 5 Km dan berdemo di depan PT. KMK Global Sport kawasan Cikupa mas Kabupaten Tangerang, Kamis (5/8/2019).

Warga yang berjumlah sekitar 500 orang dari Desa Pasir Gadung dan Talagasari menuntut hak dalam rekruitmen tenaga kerja.

Di ungkapkan salah satu kordinator unjuk rasa dari masyarakat di dua Desa H. Hamdan menjelaskan, merujuk Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tangerang, nomor 18 tahun 2001, dimana dalam Perda tersebut, perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Tangerang berkewajiban mengangkat serta memperhatikan dan memprioritaskan tenaga kerja lokal, atau tenaga kerja yang berada dilingkungan perusahaan.

“Ini merupakan tuntutan masyarakat Desa pasir gadung menuntut hak warga yang selalu di janjikan dan di janjikan oleh pihak perusahaan, aksi terjadi karena kesabaran yang tidak bisa tertahan,” kata Hamdan.

Setelah adanya mediasi. Lanjut, Hamdan pihak perusahaan mau memberikan keputusan kesepakatan bersama.

 

“Alhamdulillah pihak perusahaan memberikan keputusan kesepakatan bersama yang tertuang dalam notulen kesepakatan yang di tandatangani oleh perwakilan masyarakat dan perusahaan,” jelasnya.

Adapun isi dari nota kesepakatan tersebut adalah:

1. Bahwa pihak perusahaan PT. KMK bersepakat terkait tenaga kerja akan memberikan prioritas terhadap warga masyarakat dua Desa Pasir gadung dan Desa Talagasari, dengan mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku di Perusahaan PT. KMK Global Sport.

2. Terkait dengan Recruitmen Fee yang selama ini beredar di masyarakat, maka kami akan bersama sama mengawal jika ada tindakan oknum yang mengatasnamakan warga dan pemerintahan Desa termasuk oknum pekerja PT. KMK Global Sport.
Haji Hamdan selaku Kordinator Pengunjuk rasa dan selaku Kepala Desa Pasirgadung ini berharap.

Disisi lain Haji Hamdan selaku Koordinator dan juga Kepala Desa Pasir gadung menambahkan, dengan adanya unjuk rasa pihak perusahaan harus lebih pekat terhadap masyarakat.

“Perusahaan harus lebih peka terhadap masyarakat yang selama ini selalu berharap ingin bekerja, ini tetap akan saya perjuangkan bagi masyarakat saya, ini merupakan kewajiban dan tanggung jawab saya terhadapa masyarakat ketika ada masyarakat yang mengungkapkan keluh kesah atau aspirasi yang di sampaikan pada saya,” tutur Kades Pasirgadung. (ris)