SEKILASBANTEN.COM, JAKARTA – Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono, S.E., secara resmi membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Pusat Koperasi (Puskop) Halim Perdanakusuma, dilanjut sertijab Kapuskopau, di gedung Garda Dirgantara Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (28/3).

RAT Puskop Halim Perdanakusuma tahun buku 2018 dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2019 sebagai amanah AD/ART koperasi dengan agenda pertanggung jawaban pengurus, penyusunan rencana kerja dan pembagian sisa hasil usaha.

Pada acara RAT kali ini akan dilanjutkan sertijab Kapuskopau Lanud Halim Perdanakusuma dari Letkol Pnb Erwin Harfansa kepada Letkol Pnb Teddy Saputra.

Tak hanya itu, selain RAT juga sebelumnya diadakan soft launching taksi Puskopau Halim, sebanyak 50 Taksi dari 150 yang direncanakan sehingga kekurang 100 Taksi akan diadakan menyusul oleh Kapuskopau yang baru.

Hadir pejabat terkait seperti, Perwakilan Inkopau Kolonel Tek Andi Rahman Panca, Ketua Badan Pengawas Puskop Halim P., Kolonel Tek Vidion Nugroho, S.T., Perwakilan Dekopinwil DKI Jakarta Bapak Dr. Syahnan Phalipi., dan Bapak Jackson D.S. perwakilan Dinas UMKM DKI Jakarta.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono, S.E., menyatakan, pada saat ini RAT Puskopau Halim Perdanakusuma telah menginjak periode yang ke-38, hal ini menandakan Puskopau Halim Perdanakusuma telah cukup matang dalam menjalani usahanya.

“Di tengah-tengah transparansi usaha di dunia saat ini, kita berharap Puskopau Halim perdanakusuma dapat terus membulatkan kemauan, tekad juga kesiapannya untuk menghadapi iklim keterbukaan usaha di ibukota khususnya dan di tingkat regional umumnya,” terangnya.

Selaku Komandan sekaligus pembina Puskopau ia menilai roda usaha Puskopau tahun 2018 telah diupayakan berjalan sesuai rel yang ditentukan. Terdapat tiga kegiatan pokok Puskopau dalam tahun buku 2018 yaitu sektor kelembagaan, keuangan dan usaha.

“Ketiganya saya nilai telah diupayakan dengan baik. Seperti pada sektor kelembagaan, manajemen usaha koperasi selalu berpedoman pada UU nomor 25 tahun 1992 tentang koperasi, juga diadakan beragam pelatihan untuk anggota,” jelasnya.

Selain itu, di sektor keuangan, audit Puskopau oleh akuntan publik juga telah mencapai hasil wajar. Sedangkan untuk unit usaha selain mengoptimalkan empat unit usaha yang ada yaitu jasa trans halim, jasa niaga umum, jasa niaga khusus, dan jasa perumahan, serta Unit Usaha Taksi yaitu Unit Usaha Taksi dan Unit Usaha Bus Apron yang beroperasional di Bandara Halim Perdanakusuma.

Sementara itu, Letkol Pnb Erwin Harfansa, Ketua Puskopau Halim Perdanakusuma menambahkan, RAT diikuti 23 Primkopau dari 24 anggota Primkopau di bawah Puskopau Halim Perdanakusuma, sehingga telah memenuhi kuorum rapat. RAT ke-38.

Bertemakan ”Maju dan sejahterra bersama koperasi, Puskopau Halim Perdanakusuma Tumbuh dan Berkembang dalam rangka Membangun ekonomi Kerakyatan”. Pada tahun buku 2018 Puskop membukukan SHU yang melebihi target yang ditentukan bahkan naik secara signifikan.

Acara RAT diisi dengan sambutan-sambutan dari Badan Pengawas, pejabat pemerintah, Ketua Puskopau sekaligus pertanggung jawaban Ketua Puskopau, foto bersama, kemudian rapat pleno, pengesahan hasil rapat, pembagian doorprize kepada para peserta dan ramah-tamah. (Gusnur)