SEKILASBANTEN.COM, KOTA TANGERANG – Melalui Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Abdul Karim, S.IK., M.Si., Kapolri Jendral Pol Prof. Drs. H. Tito Karnavian memberikan penghargaan berupa Pin Emas kepada IPTU Rumangga Putratama Napitupulu STK, S.IK., MH., saat pelaksanaan Apel Pimpinan di Lapangan Mapolres Metro Tangerang Kota, Selasa (22/10/2019)

Penghargaan diberikan lantaran dirinya berhasil menyabet 2 medali yaitu, medali perak dan perunggu dalam event Internasional ditingkat Asia Tenggara dalam kejuaraan 1 st South East Asian Master Swimming Championship 2019. Bertempat di Kolam Renang Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu 30 s/d 31 Maret 2019 lalu.

“Saya sangat bersyukur atas perolehan medali ini, karena hal ini merupakan suatu prestasi pertama ditingkat Asia Tenggara (Ajang Internasional) mewakili Kepolisian Negara RI sekaligus mewakili Indonesia,” ujar IPTU Rumangga, kepada sekilasbanten.com, usai acara pemberian penghargaan.

Menurut dia, lomba renang tersebut ia ikuti saat mengikuti pendidikan PTIK di Jakarta. dan mendapat 2 medali yang pertama medali perak tingkat Asia Tenggara 50 meter dan medali perunggu gaya dada putra dan 50 meter gaya kupu-kupu.

“Persiapan latihannya kurang lebih saya lakukan 1 tahun mas, selain ,” kata Rumangga.

Ia menambahkan, dirinya sangat berterima kasih kepada Kapolri yang telah mengganjar penghargaan berupa Pin Emas. Yang menurutnya hal itu merupakan suatu kebanggaan buat dirinya sebagai anggota Kepolisian.

“Terimaksih kepada Bapak Kapolri dan Bapak Kapolres yang telah memberikan penghargaan kepada saya. Juga kepada kedua orang tua, saudara, kerabat, juga para senior dan rekan-rekan kepolisian dan teman saya lainya terimakasih suportnya,” ucapnya.

Rumangga berharap semoga apa yang ia raih menjadi motifasi buat rekan-rekan Kepolisian lainya, untuk meraih prestasi dibidang olah raga.

“Pesan saya kepada rekan-rekan tetap jaga kesehatan, kekompakan, prestasi merupakan awal untuk berbagi kepada orang lain, dan berguna bagi masyarakat banyak khususnya untuk Kepolisian RI,” pungkasnya.

Rumangga sendiri telah menggandrungi cabang olahraga renang sejak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP). saat duduk di bangku kelas 3 SMP. Rumangga menjadi peserta lomba renang 10 kilo meter melintasi Danau Tiba, Provinsi Sumatera Utara.

Ketika duduk di bangku SMA tahun 2019 hingga 2011, Rumangga berhasil menorehkan prestasi cabang renang tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Kemudian saat pendidikan Akademi Kepolisian (AKPOL) di Semarang, selama 4 tahun berturut-turut sejak 2011 hingga 2015 meraih penghargaan predikat jasmani terbaik Taruna Akpol pada tahun 2015 penghargaan jasmani terbaik (Dira Trengginas) disematkan langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Badrotin Haiti.

Selain itu, Rumangga pernah meraih Nilai Jasmani terbaik saat melaksanakan pendididiķan PTIK T.A 2018-2019.

Kemudian pada tahun 2016, Rumangga juga meraih 2 medali saat Kejurprov Riau dan membawa nama harum Kabupaten Kepulauan Meranti.

Untuk diketahui, saat ini IPTU Rumangga Putratama Napitupulu menjabat sebagai Kasubnit 1 Narkoba Unit 3 (Tiga), Polres Metro Tangerang Kota. (Gusnur).