SEKILASBANTEN.COM, LEBAK BANTEN – Keluarga Besar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Banten, melaksanakan kegiatan kunjungan dan Bakti Sosial (Baksos) ke Suku Adat Baduy, Kamis (3/10/2019) pagi.

Kehadiran Rombongan Kantor Kemenkumham Banten disertai 16 Unit Pelaksana Teknis Lapas, Rutan, Bapas, Rupbasan dan Imigrasi se-Wilayah Banten ini dalam rangka Hari Dharma Karyadhika Tahun 2019.

Dalam sambutanya, saat gelar Apel pagi di Rutan Rangkasbitung, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Banten, Imam Suyudi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dalam bulan bakti Hari Dharma Karyadhika keluarga Kemenkumham Banten.

“Sebagai wujud implementasi riil, kita memulai bulan bakti HDKD 2019, dengan menggelar bakti sosial terhadap sesama yaitu Warga Baduy,” ujarnya.

Kemarin, lanjut dia, Suku Baduy tertimpa musibah kebakaran, sehingga pelaksanaan Bakti Sosial kepada Warga Baduy Ia nilai sangat tepat.

Imam Suyudi berharap, dengan kedatangan dan kegiatan Bakti Sosial ini, pihaknya dapat sedikit meringankan beban mereka.

“Semoga kegiatan ini dapat meringankan saudara-saudara kita (Warga Baduy-red) dan semoga bermfaat,” ujar Imam sapaan akrabnya.

Lebih lanjut Imam menjelaskan, bahwasanya bulan oktober ini semua pegawai Kemenkumham Banten merayakan hari jadi kementerian dengan beragam kegiatan positif.

“Tentunya hari jadi kementerian ini kita jadikan momentum ya, untuk kita semua sebagai petugas pengayoman dapat meningkatkan kinerja, bisa memenuhi harapan masyarakat dalam memberikan pelayanan yang baik,” tuturnya.

“Kita bergerak, berubah menjadi lebih baik sesuai tema HDKD tahun ini, yaitu transformasi meraih kinerja PASTI, kita tunjukan bahwa kementerian dan Kanwil kemenkumham Banten bisa unggul dalam semua hal,” harap Imam

Sementara Kepala Desa Suku Baduy, Jaro Saija menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap keluarga dan pimpinan kementerian Hukum dan HAM Banten yang telah memberikan bantuan kepada Warga Baduy melalui Baksos.

“Syukur kita haturkan atas kepeduliaan ka sadayana (semuanya-red) ke Pimpinan dan keluarga Kemenkumham Banten, sudah mau berkunjung dan menyampaikan dukungan dan bantuanya untuk masyarakat Baduy, tentu ini sangat dibutuhkan dan akan sangat bermanfaat, sakali dei hatur nuhun kasadayana, mugi-mugi gusti Allah ngabales budi baikna,” ungkapnya.

Sebagai informasi hari jadi Kementerian Hukum dam HAM Banten diperingati setiap tanggal 30 Oktober, yang dikenal dengan Hari dharma Karyadhika. Kanwil Kemenkumham Banten menyelenggarakan beragam kegiatan yang dimulai dari Bhakti Sosial di Baduy, Rangkasbitung, Lebak. (Tb.Wahyudi)