Home / BANTEN

Jumat, 24 April 2020 - 00:06 WIB

Screening Covid-19 di 5 Daerah, Pemprov Temukan 11 Orang Positif Corona

SEKILASBANTEN.COM, KABUPATEN TANGERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten kembali melakukan screening rapid test Covid-19 di 11 lokasi yang tersebar di 5 daerah atau kabupaten/kota yakni Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang pada Kamis (23/4/2020).

Dari total 3.091 alat rapid test yang digunakan, sebanyak 3.085 orang diperiksa. Dari hasil pemeriksaan, sebanyak 11 orang ditemukan reaktif (positif) terinfeksi Covid-19, 3.074 orang non reaktif dan sisanya 6 orang invalid atau tidak dapat divalidasi.

“Hari ini kami kembali lakukan rapid test di 5 kabupaten/kota, dan hasilnya ada 11 orang reaktif atau terindikasi positif Covid-19,”ujar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Banten sekaligus Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten dr. Ati Pramudji Hastuti di Serang, Kamis (23/4/2020).

Pasalnya hasil tes dari kesebalas orang tersebut sudah diambil sampel cairan dari tenggorokan dan hidung untuk pemeriksaan swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR).

“Sampelnya langsung kami kirimkan ke Jakarta untuk diuji oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan,”jelasnya.

Sementara, lanjut Ati, sebanyak 3.085 orang yang diperiksa dengan hasil non reaktif atau negatif, saat pemeriksaan di Perumahan Mahar Regency dengan pemakaian 313 rapid test dan sebanyak 311 orang telah diperiksa.

Baca Juga  Distribusi Bantuan PT. Parkland World Indonesia 2 Diterima Langsung Kades Calung Bungur

Hasilnya menunjukkan 310 non reaktif, 1 orang reaktif dan 2 rapid test invalid.

“Untuk Kabupaten Serang kami lakukan tes di 2 tempat yakni Kecamatan Petir dan Puskesmas Kramatwatu. Untuk Kecamatan Petir bertempat di kantor Kecamatan Petir dengan pemakaian 188 rapid test dan sebanyak 188 orang telah diperiksa, hasilnya menunjukkan 186 non reaktif dan 2 orang reaktif. Sementara di Puskesmas Kramatwatu kami menggunakan 417 rapid test dengan 417 orang yang diperiksa, hasilnya menggembirakan karena semua non reaktif,” papar Ati.

Untuk screening di Kabupaten Lebak, jelas Ati, dilakukan di 2 kecamatan yakni Sajira dan Malingling. Untuk Kecamatan Sajira bertempat di Alun-alun Rangkasbitung dengan pemakaian 327 rapid test dan sebanyak 327 orang telah diperiksa, hasilnya menunjukkan 324 non reaktif dan 3 orang reaktif.

Sedangkan untuk Kecamatan Malingping bertempat di Kampung Cipendeuy dengan pemakaian 170 rapid test dan sebanyak 170 orang telah diperiksa, hasilnya menunjukkan non reaktif secara keseluruhan.

Baca Juga  Akan Mundur Dari ASN, Sekda Muhamad Siap Tarung di Pilkada Tangsel 2020

Selanjutnya untuk Kabupaten Pandeglang telah dilakukan tes di 2 kecamatan yakni Labuan dan Kecamatan Pandeglang. Bertempat di Pasar Labuan dengan pemakaian 155 rapid test, sebanyak 155 orang telah diperiksa dan secara keseluruhan hasilnya non reaktif.

Namun, untuk tes di Kecamatan Pandeglang yang bertempat di Pasar Pandeglang dengan jumlah 242 alat rapid test dan orang yang diperiksa, terdapat 1 orang hasilnya reaktif dan sisanya 241 negatif.

“Terakhir di Kota Cilegon kami lakukan tes di 2 tempat yakni Kecamatan Cilegon dan Kecamatan Jombang. Untuk Kecamatan Cilegon bertempat di Pasar Rakyat Blok F dengan pemakaian 387 rapid test dan sebanyak 387 orang telah diperiksa, hasilnya menunjukkan 386 non reaktif dan 1 orang reaktif. Sementara di Kecamatan Jombang berlokasi di Pasar Kranggot Kelurahan Sukmajaya kami menggunakan 333 rapid test dengam 331 orang yang diperiksa, hasilnya juga menggembirakan karena semua non reaktif, sementara 2 alat sisanya dinyatakan invalid,”ujar Ati. (RS)

Share :

Baca Juga

BANTEN

Pemprov Banten Melalui Dindikbud Cairkan Insentif Guru Triwulan II Tahun 2021

BANTEN

Padam Listrik, Warga Cikupa Antri Ambil Air Gunakan Galon

BANTEN

Mulai awal Juli 2020 Dokduk Dapat Dicetak Sendiri Oleh Masyarakat

BANTEN

Wahidin Sambut Baik Penataan Daerah Hukum ke Wilayah Polda Banten

BANTEN

Pemerintah Kota Serang Keluarkan Perda Kawasan Tanpa Rokok

BANTEN

Jurus Silat Kaserangan Ditargetkan Mendunia

BANTEN

Pentingnya Peran Media Dalam Mendorong Perekonomian dan Keuangan Syariah

BANTEN

Usai Upacara Bendera TNI-POLRI Gelar Berbagai Perlombaan