SEKILASBANTEN.COM, KOTA TANGERANG – Umat Tridharma Tangerang Rayakan Sejiet Kongco Hok Tek Tjeng Sin Ke-331 wujud nyata Ciben dalam melestarikan Budaya dan Keberagaman, Sabtu (22/2).

Perayaan ulang tahun Dewa Bumi atau lebih dikenal dengan Sejiet Kongco Hok Tek Tjeng Sin berlangsung di Vihara Nimmala Boen San Bio, di kawasan Pasar Baru, Kota Tangerang, berlangsung penuh suka cita karena dimeriahkan dengan acara hiburan seni dan budaya.

Dalam perayaan tersebut mengusung tema “Keberagaman Budaya Mempererat Toleransi dan Kebersamaan”.

Sejarah cina benteng tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Orang-orang cina benteng merupakan hasil pencampuran orang Tionghoa dengan penduduk Indonesia di Tangerang.

Hal itu dikatakan langsung pembina Vihara Nimmala Bebeng saat di temui sekilasbanten.com.

“Sebagai kelestarian budaya Cina Benteng yang hampir hilang mangkanya sedikit kita gali,” ucap pria yang biasa disapa koh Bebeng.

Vihara Nimmala (Boen San Bio) yang letaknya di Tangerang juga merupakan salah satu hasil karya dari orang-orang Cina Benteng ini. Seperti sologan dari Bung Karno “JAS MERAH” Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Maka Vihara Nimmala tidak segan-segan untuk melestarikan kebudayaan Cina Benteng ini sebagai salah satu misalnya pada perayaan Sejiet Khongco Hok Tek Tjeng Sin.

Perayaan Sejit ke-331 ini dimeriahkan oleh 10 pasangan finalis Cide Kode Benteng. Yang juga dihadiri oleh para finalis dari Duta pendidikan Provinsi Banten, Duta Anak, Duta Bahari, Man Of Indonesia Banten, Kang dan Nong Kota Tangerang. Serta Yang dan Neng Kabupaten Tangerang.

“Kami mengadakan acara Pentas Seni dari berbagai kalangan dan budaya,lomba Ngibing Manula, yang pesertanya adalah orang tua berusia 50 Th ke atas, dengan di iringi musik Gambang Kromong. Juga ada pemilihan Cide Kode Benteng 2020,” tambahnya.

Dijelaskan Bebeng untuk pemilihan Cide Kode Benteng Tahun 2020 ini bertujuan untuk melestarikan budaya benteng di kalangan anak-anak muda.

“Dalam rangka menyambut perayaan sejiet ini pihak vihara sudah sejak jauh hari mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kedatangan umat Tridharma maupun warga umum untuk datang dan menyaksikan acara yang langka ini,” tukasnya. (MYD/RS)