SEKILASBANTEN.COM, KOTA TANGERANG – Bangkitnya kembali olah raga tinju amatir di Kota Tangerang, yang tergabung dalam Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) disambut hangat warga Kota Tangerang, bahkan ketua Pertina Kota Tangerang Kaonang mengaku, mendapat dukungan penuh Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah untuk menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Piala Walikota yang akan belangsung tanggal 27 hingga 29 Juli mendatang. Setelah sempat selama 20 Tahun mati suri.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pencab Pertina Kota Tangerang Kaonang didampingi petinju legendaris Kota Tangerang  Otong Sanusih, kepada awak media, pada Jum’at (12/7/2019). Di Rm Mix Max, Jalan Otista, Kelurahan Gerendeng, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

“Jadi, nanti tanggal 27 Juli 2019, Kejuaraan Daerah (Kejurda) Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) piala Walikota kita buka, bersamaan dengan Open Ceremony Festival Cisadane,” jelas Ketua Pencab Pertina Kota Tangerang, Kaonang S.Sos., MM.

Menurutnya, Kejurda ini adalah yang pertama kali digelar untuk tingkat provinsi dan dibuka dipinggir Kali Cisadane bersamaan dengan Festival Cisadane. Ini adalah momentum bangkitnya kembali tinju amatir di Kota Tangerang.

“Hampir 20 tahun kita rada terpuruk ya (mati suri) kini Alhamdulillah bangkit kembali. Dan saya ingin pelaksanaanya nanti sukses, kedua saya berharap Kota Tangerang bisa merebut juara umum,” kata Kaonang.

Dia berjanji, jika Kejurda ini sukses pihaknya menyiapkan atlet-atlet untuk menjadi Prapon, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA apalagi yang hoby tawuran dijalan, ia mempersilahkan ikut bergabung dengan Pertina agar ada potensi karir tersendiri.

Ketua Pencab Pertina Kota Tangerang Kaonang, S.Sos., MM., Tengah Berpose Bersama Kabid Disbudpar Usuf Supriyadi, Petinju Legendaris Otong Sanusih Beserta Nang dan Nong Kota Tangerang, Jum’at (12/7)

Selain itu, pertandingan tinju amatir tingkat Provinsi Banten yang digelar Pertina Kota Tangerang berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, diharapkan juga mampu menarik wisatawan ke Kota Tangerang.

“Banyak petinju-petinju kita sukses salah satunya Otong Kosasih, dulu beliau petinju amatir juga, ada yang masuk akpol, karir yang bagus bisa berawal menjadi atlet salah satunya tinju amatir ini.  Adik-adik kita yang hoby tawuran kita salurkan agar tidak dijalan lagi tapi di atas ring. Ksatrianya dan kehebatanya kita alihkan diatas ring supaya mendukung karir adik-adik kita,” ujar Kaonang.

Dijelaskan Kaonang, bahwa persiapan sudah 75 persen, untuk tinju amatir Jurda diikuti delapan (8) kabupaten/kota se-Provinsi Banten. Pengundangnya dari provinsi dan Pertina jadi panitianya. Ring tinju juga sudah disiapkan, perlengkapan dan tim medis juga sudah siap.

Sebagai Ketua Pertina Kota Tangerang Kaonang mengaku baru seminggu lalu di SK kan dan belum dilantik tapi dia tampak begitu semangat, lantaran ingin petinju amatir Kota Tangerang bangkit. Dengan mengambil tema “Petinju Amatir Kota Tangerang Bangkit”.

Target Pertina sendiri di Kota Tangerang dalam Kejurda juara umum, menurut Kaonang, ada tiga kejuraan yang akan diperebutkan yaitu juara umum senior, yunior dan yult. “Saya ingin salah satu dan jika perlu tiga-tiganya bisa direbut,” kata Kaonang.

Sementara pihaknya sudah menyiapkan 3 sasana yaitu Sasana Benteng, Sasana Karawaci dan di Batalyon Mekanis 203/AK. Tak hanya itu, dalam 3 bulan kedepan pihaknya akan membuka 13 sasana sehingga nanti ada pertandingan tingkat kota antar sasana dengan bendera masing-masing.

“Apa artinya latihan bertahun-tahun kalau tidak ada kompetisi, sehingga ada reward yang kita berikan,” tukasnya.

Kaonang menambahkan, dalam pelaksanaanya pihak berkolaborasi dengan Dinas kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kangerang dan Dispora karena ada lomba dayungnya yang informasinya dari luar negeri sudah datang (Tingkat Internasional), dan olah raga pencak silat juga akan digelar.

“Intinya saya bangga dan senang Pertina diajak bergabung untuk memeriahkan Festival Cisadane. kedepan sasana kita perbanyak dan frekwensi pertandingan juga kita perbanyak dan pelatih kita tingkatkan, kalau pelatihnya hebat, sasananya hebat dn banyak, rekruitmen atletnya banyak serta frekwensi pertandingan ada, saya yakin kita akan temukan atlet-atlet yang berpotensi dari anak-anak Benteng ini,” pungkas Koanang.   (Gusnur).