SEKILASBANTEN.COM, KOTA TANGERANG – Terkait program “Kampung Iklim” Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, berencana menutup Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di tiga titik yaitu, Danau Indah, Jalan SMU 4 belakang dan Jalan M. Toha samping sekolah SDN Pasar Baru.

Hal tersebut disampaikan salah satu pengurus Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Aan, kepada sekilasbanten.com dilokasi TPST, saat pihaknya mengumpulkan para penarik sampah yang menggunakan gerobak, untuk diajak komonikasi terkait hal tersebut.

“Jadi nantinya, habis mereka menarik sampah, kita carik titik terdekat untuk selanjut diangkut menggunakan bentor. Selanjutnya bentor atau bison ini yang akan mendekat ke mereka dan itu meringankan bebanya, bukan bentor yang menggantikanya. Jadi jangan sampai salah faham,” ucapnya.

Menurut Aan, penutupan TPS ini lantaran ada program dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tujuanya supaya tidak ada sampah-sampah lain yang dibuang di TPS tersebut. Biar rapi dan tidak nampak acak-acakan.

“Kita sudah adakan pertemuan dengan RT dan RW terkait program tersebut, agar disampaikan ke warganya masing-masing. Saya berharap agar warga tidak buang sembarangan. Kalau lingkungan nyaman dan bersih kan buat warga sendiri. mudah-mudahan nanti bisa berjalan dengan baik sehingga lingkungan bisa bersih dan rapi,” ungkapnya.

Sementara Ketua RW 02 Suryadi mengatakan, terkait rencana penutupan 3 TPS di Kelurahan Pabuaran Tumpeng dirinya merasa bersyukur. Setidaknya dengan adanya kegiatan seperti ini, mampu mengurangi sampah-sampah yang berserakan di jalanan.

“Saya sangat mendukung apa yang dikerjakan DLH apalagi ini program pemerintah daerah. Selama ini jujur dengan adanya TPS disitu, sangat mengganggu sekali terutama wilayah RW 02, selanjutnya kita akan mengadakan rembuk warga, biar warga kita faham dan tidak salah faham,” ujarnya.

Masih ditempat sama, Lurah Pabuaran Tumpeng, Ujang Soleman menjelaskan, bahwa penutupan 3 TPS itu terkait dengan program Kampung Iklim, otomatis lingkungan harus tertata rapi yang didalamnya ada peran serta masyarakat.

Kelurahan Pabuaran tumpeng

TPST Kelurahan Pabuaran Tumpeng

Tak hanya itu, langkah sudah ambil, rapat dengan para ketua Rt dan Rw dan pengurus TPS sudah dilakukan, sudah komitmen bahwa lingkungan Kelurahan Pabuaran Tumpeng harus bersih dari sampah.

“Setelah ditutup nanti sampah-sampah itu akan bermuara di TPST. Rencana terbentuknya Kampung Kita yang bersih dari sampah harus terealisasi. Tehnisnya harus disosialisasikan ke masyarakat terutama ke pengangkut sampah agar tidak salah persepsi, tadi hanya sedikit mis komunikasi saja dan sudah selesai,” kata Lurah.

Ia berharap, TPST Kelurahan Pabuaran Tumpeng akan menjadi edukasi wilayah lain. “Jika lingkungan kita bersih dari sampah akan terasa nyaman, selain itu warga ada pengetahuan bagaimana manfaat sampah menjadi berkah, karena ada pemilahan sampah dan ada pengolahan sampah yang akan melibatkan warga dan menghasilkan nominal,” pungkasnya. (Gusnur).