SEKILASBANTEN.COM, KABUPATEN TANGERANG – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019 resmi dibuka, di Lapangan Kampung Kandang Gede Desa Bakung, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Rabu (10/7/2019).

Pembukaan TMMD diawali dengan upacara dipimpin Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, dengan megusung tema “Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaa kegiatan TMMD ke 105 di wilayah Kodam Jaya merupakan bagian dari agenda kegiatan TNI, yang dilaksanakan secara serentak dan tersebar di seluruh Indonesia.

“Tentu saja kegiatan ini sangat membantu pemerintah, dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah. Dan sekaligus sebagai upaya pemberdayaan potensi wilayah pertahanan serta untuk memperkokoh kemanunggalan TNI dan rakyat.

TMMD ke 105 ini, Lanjut Zaki, akan berlangsung selama beberapa hari ke depan, merupakan program terpadu lintas sektoral dan lintas komponen bangsa melibatkan satuan jajaran TNI-Polri, kementerian atau lembaga pemerintah dan non kementerian. Yang diselenggarakan oleh Kodam Jaya bekerja sama dengan pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat, khususnya di wilayah Kabupaten Bekasi dan level pemerintah daerah Provinsi Banten yaitu untuk wilayah Kabupaten Tangerang.

“Kegiatan TMMD yang bernilai strategis ini, dalam rangka memelihara dua alat dan kondisi juang yang tangguh adalah sebagai semangat perjuangan dan pengabdian Kodam Jaya kepada masyarakat. Terutama di daerah atau wilayah yang masih harus mendapat perhatian lebih dari kita semua serta daerah yang rawan dan yang terkena dampak bencana,” paparnya.

Seusai upacara Kolonel Inf Tri Budi Utomo mengatakan kegiatan TMMD bertujuan untuk membantu pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui kegiatan bersifat fisik maupun non fisik. “Kegiatan TMMD ke-105 tahun 2019, di wilayah Kodim 0510/Tigaraksa dilaksanakan mulai 10 Juni sampai 8 Agustus 2019 atau selama 30 hari,” jelasnya.

 Lekol Inf Parada Wartanusantara Tampubolon menambahkan, adapun kegiatan fisik dalam TMMD ini, seperti pembangunan betonisasi jalandengan panjang 1000 meter, 130 meter, 45 meter di Kampung Blukbuk RT 03/04, Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang.

“Program TMMD untuk membantu masyarakat mengatasi berbagai persoalan. Melalui kegiatan ini, TNI dan rakyat menjadi semakin manunggal,” tukasnya.

Seusai upacara pembukaan TMMD ke 105 acara dilanjutkan dengan peletakan batu pertama.   (Aris)