SEKILASBANTEN.COM, KABUPATEN TANGERANG – Ada yang berbeda dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 yang dilaksanakan Kodim 0510/Trs di Desa Blukbuk Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang, Selasa (16/07/2019).

Biasanya yang aktif dalam proses pembangunan fisik maupun non fisik di lokasi adalah kaum pria, kini ibu-ibu atau kaum emak-emak, juga turut terjun langsung dalam pengecoran beton.

Pengecoran beton yang menghubungkan kampung Blukkbu dan Kampung Bojong Desa Blukbuk dibangun sepanjang 1,130 meter lebar 4 meter dengan ketebalan 20 cm.

Seperti kaum laki-laki dan juga prajurit TNI, ibu-ibu ini dengan sigap membantu pekerjaan yang lazimnya dilakukan laki-laki seperti mengangkut air yang digunakan untuk bahan campuran adonan cor.

Salah emak-emak yang ikut melakukan pengecoran merasa gembira karena dapat membantu membangun desanya sendiri. “Kami bersama ibu-ibu lainnya berinisiatif membantu bapak-bapak dan TNI. Walaupun kecil, dengan pembangunan jalan ini kami senang karena manfaatnya juga bisa dirasakan untuk seluruh warga desa,” katanya.

Terpisah Dansatgas TMMD Kronjo Letkol Inf Parada Warta N Tampubooon memuji semangat ibu-ibu yang dinilainya sangat luar biasa. Walaupun bekerja kasar, tidak terlihat lelah, yang ada adalah suasana ceria sehingga memberikan suasana berbeda di lokasi.

“Kehadiran ibu-ibu menjadi penyemangat kami. Mereka merupakan ibu-ibu tangguh yang dapat diandalkan walaupun pekerjaannya kasar dan melelahkan,” katanya.

Namun, tidak lupa ia menekankan, pembangunan jalan ini tetap sesuai dengan perencanaan dan kualitas yang diinginkan. Karena, ini akan dipertanggungjawabkan pada masyarakat.

“Kami tetap fokus pada kualitas pembangunan jalan. Agar dapat digunakan dan berfungsi sesuai harapan,” ujarnya. (Red)