SEKILASBANTEN.COM, KOTA TANGERANG – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Kecamatan Periuk, menggelar Festival Lomba Seni Siswa Nasional, bertempat di Main Loby, Icon Walk, Kelurahan Cimone Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Sabtu (16/3/2019).

Dengan tema “Kecintaan Terhadap Seni dan Budaya Bangsa Menggugah Daya Cipta Serta Membentuk Kelembutan Hati” tersebut, dibuka langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) Kota Tangerang, Nana Supiyana. Diikuti 400 Siswa-siswi dari 40 sekolah yang ada di Kecamatan Periuk.

“Acara hari ini luar biasa sekali ya, dan ini bukan kerja saya tapi kerjasama tim, semua stokeholder dari KKG Seni Kecamatan Periuk, baik itu dari panitia, K3S PGRI juga dukungan semua pihak dan para sponsornya yang luar biasa,” ujar Kepala Sekolah SD Negeri Gembor 4, sekaligus Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Seni Kecamatan Periuk, Ika Puspitasari kepada sekilasbanten.com disela-sela acara.

Menurutnya, Ini adalah ivent yang diadakan tiap tahun, namun berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini lebih meriah karena diadakan di Mall kerjasama dengan Icon Walk.

“Mudah-mudahan ini jadi pemacu dan pemicu kita khususnya KKG Seni umumnya perangkat pendidikan yang ada di Kecamatan Periuk. Biasanya ada acara gugus, untuk seni kita adakan gebyar supaya semua SD baik negeri dan swasta bisa ikut berpartisipasi kalau gugus tidak semua sekolah bisa mengikuti,” kata Ika.

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan, bahwa yang menjadi dewan juri diambil dari luar semua. Ada yang dari Pemkot Tangerang, dari Dewan Kesenian Tangerang, dari sanggarifana dan ada yang dari sanggar diluar kecamatan.

“Tujuanya agar penilaian ini bener-bener obyektif, istilahnya biar tidak ada dusta diantara kita,” ucap Ika.

Dirinya berharap, dari ivent ini bisa mendapatkan bibit seni dari Kecamatan Periuk yang bisa membawa nama baik Kecamatan Periuk ketingkat yang lebih tinggi. Karena menurutnya, Festival ini selain persaingan adalah wujud dari pelestarian kebudayaan, unjuk kebolehan dan pencarian bakat.

“Pesan saya bersainglah dengan sehat kalian semua luar biasa, hebat dan yang menang adalah pejuang yang tangguh,” tukasnya.

Di tempat sama, Kabid SD Kota Tangerang, Nana Supiyana menyampaikan penghargaan yang luar biasa, lantaran untuk tingkat kecamatan bisa menyelenggarakan ivent hampir selevel kota.

Dikatakanya, dengan persiapan tempat yang representative membuat anak-anak lebih bahagia, karena tempat dan panggungnya berkelas Mall. Menurut Nana, dengan suasana yang berbeda akan berdampak pada prestasi terhadap anak-anak. s

“Semua potensi bakat seni dikompetisikan disini, tapi kompetisi yang fair yang sehat, sehingga menumbuhkan karakteristik yang diharapkan kompetitor (petarung) tidak mudah menyerah pada kondisi,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga membantu menjawab masalah keseharian anak-anak dan bagian dari kecerdasan. Nantinya, ivent di tingkat kecamatan ini akan naik ketingkat kota, tingkat nasional, bahkan tingkat Internasional (Olimpiade), dan diharapkan bisa menjadi duta-duta seni.

“Saya berharap, dengan Festival Lomba Seni ini secara karakteristik anak-anak tumbuh menjadi kuat, sholeh serta bisa menjawab tantangan jaman yang kedepan lebih berat,” ucapnya.

Dirinya juga berpesan, juara bukan tujuan tapi menjadi juara adalah target adalah iya, sehingga anak-anak menjadi anak yang cerdas semangat dan mempunyai karakter sholeh dan sholehah. (Gusnur).