SEKILASBANTEN.COM, KOTA TANGERANG – Usai acara pelantikan 50 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang, periode 2019-2024, pada Senin (2/9/2019). Empat Partai Politik (Parpol) langsung bergabung membentuk fraksi.

Pasalnya, dari 10 partai yang lolos ke parlemen tersebut, empat diantaranya tidak memenuhi ketentuan kuota minimal 4 kursi untuk membentuk fraksi maka parpol tersebut harus melebur. 4 Partai tersebut yakni Nasdem, PSI, PAN dan PPP.

Hal tersebut disampaikan anggota DPRD Kota Tangerang, dari Partai Nasdem Anggiat Sitohang kepada awak media di ruang Fraksi Nasdem-PSI, Gedung DPRD Kota Tangerang, Selasa (3/9/19).

“Ya kami sepakat dengan PSI untuk bergabung membentuk fraksi,” katanya.

“Sudah, kami sudah bergabung. Dari Nasdem 3 kursi dan dari PSI 1 kursi. Jadi, gabung,” ujarnya.

Menurut Anggiat, dalam kepemimpinan Fraksi, pihaknya sudah melakukan kesepakatan bersama. Dimana kepemimpinan pertama akan dipimpin oleh Partai Nasdem dalam waktu tertentu atau secara proporsional.

“Nanti diawal pimpinan fraksi akan dipimpin Nasdem selama 3 tahun 7 bulan setengah. Sedangkan sisa waktu kepemimpinannya nanti untuk PSI,” ujarnya.

“Ketua fraksinya Pak Prawoto dari Nasdem dan sekretarisnya Theresia Megawati dari PSI. Kalau saya anggota biasa, ya nanti gantian pimpinannya, proposional aja,” tukasnya.

Sementara, Theresia dari Partai PSI menyebut, alasannya melebur dengan Partai Nasdem untuk menjadi fraksi lantaran kedua partai ini sama-sama sepaham.

“Kebetulan kita punya satu platform yang sama, yaitu nasionalis,” ucapnya.

Sementara itu, Dedi Hasbullah, Anggota DPRD Kota Tangerang dari Partai Amanat Nasional (PAN) menyebut partainya akan bergabung dengan PPP.

“Pastinya kami gabung, ya, jadi 6 kursi. PAN 3 kursi dan PPP 3 kursi,” singkatnya. (Red)