SEKILASBANTEN.COM, KOTA TANGERANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Sapol PP) Kota Tangerang, Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah (Bid Garkumda), melakukan penyegelan terhadap 10 bangunan tak berizin di Kavling DPR, Kelurahan Noroktog, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Kamis (7/11/2019).

Penyegelan yang dilakukan Satpol PP Kota Tangerang berdasarkan rekomendasi dari Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Tangerang, yang memastikan bahwa ke 10 bangunan tersebut belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kepala Bidang (Kabid) Garkumda, Satpol PP Kota Tangerang, Kaonang mengatakan, penyegelan yang dilakukan terhadap bangunan yang terindikasi tidak ber IMB, pihaknya berharap setelah penyegelan seluruh aktifitas kontruksi dihentikan.

“Jika aktifitas kontruksi tidak dihentikan, kami akan sita seluruh peralatan kerja, jika tidak mengindahkan penyitaan alat kerja kedua akan kita lakukan, dan jika masih membandel akan kami sidangkan dalam tindak pidana ringan (Tipiring),” tegasnya.

Kaonang penjelaskan, bahwa menurut perda No. 8 tahun 2018, bangunan untuk industri dan Jasa itu bisa dipidanakan. Dirinya berharap IMB segera diselesaikan dan aktifitas bisa terus berjalan sesuai dengan izin yang telah dikeluarkan.

“Kota Tangerang sangat permisif dengan investasi, namun demikian investor harus taat azas yang mana Perda Kota Tangerang harus diikuti sehingga semua berjalan dengan baik,” ujar Kaonang.

Tak hanya itu, pihaknya juga menghimbau kepada para pekerja untuk tidak melanjutkan pekerjaanya sampai izinnya keluar. Dalam penyegelan Garkumda melibatkan 15 personil terdiri dari unsur penyidik, Hubtarga dan PPNS.

“Hari ini kita segel 10 titik di kavling DPR dan 4 titik di luar kavling DPR, sehingga total kita akan segel 14 bangunan. Penyegelan tadi juga disaksikan Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang H. Kosasih, kami sebagai penegak menindak lanjuti rekom dari Dinas Perkim,” terangnya.

Kaonang menambahkan, dalam kepengurusan perizinan diharapkan investor bisa berkoordinasi dengan baik dengan OPD, sehingga proses izin tidak lama dan gampang.

Ketua DPRD Kota Tangerang, H. Kosasih Saksikan Penyegelan Bangunan Tak Berizin di Kavling DPR.

“Ivestor itu buat kita hal yang luar biasa, jadi bukan musuh kita namun harus taat dengan azas. Dan tidak semua bangunan tadi tidak ber IMB, kita saksikan tadi 2 bangunan keluar IMB-nya, kami menyegel kavling DPR bukan kali ini saja tapi sudah berkali-kali juga,” kata Kaonang.

Menurutnya penyegelan kembali yang pihaknya lakukan lantaran mendapat laporan dari masyarakat, bahwa ada beberapa bangunan yang ada di kavling DPR tak berizin. “Secara tekhnis nanti Perkim yang akan melakukan pengawasan bangunan, kita penindakan,” tutupnya. (Gusnur)