SEKILASBANTEN.COM, Kota Tangerang – Angkutan sungai atau lebih populer dengan sebutan Waterways, adalah sebuah transportasi alternatif sungai. Di Kota Tangerang konsep Waterways baru masuk dalam RPJMD Kota Tangerang 2019-2023. Yang saat ini sedang dalam proses pembahasan antara Pemerintah Kota Tangerang dan DPRD Kota Tangerang.

Seperti diketahui, wacana Waterways Cisadane oleh Pemerintah Kota Tangerang sudah lama digaungkan, namun hingga kini belum juga terwujud.

Sementara itu, Komunitas Bank Sampah Sungai Cisadane (BANKSASUCI) yang berlokasi di Panunggangan Barat Cibodas, mendahului Kota Tangerang dengan mewujudkan mimpi Waterways. Sebanyak tujuh armada perahu Speed Boat dan dua buah Kano bersandar di Dermaga Banksasuci.

Komunitas yang konsen di bidang lingkungan hidup khususnya dalam pelestarian Sungai Cisadane mencoba mewujudkan harapan masyarakat untuk bisa menikmati transportasi alternatif di Sungai Cisadane. Yaitu penyediaan transportasi Waterways. Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Waterways Banksasuci, Supriyatna.

“Sejak berdiri kita hanya memiliki rakit, lalu mulai dengan memperbaiki perahu bekas milik nelayan, sekarang allhamdulillah sudah memiliki Speedboat hasil kerjasama dengan stakeholders yang peduli lingkungan hidup,” jelasnya.

Pria yang biasa disapa Dayax Casanova tersebut, menjelaskan bahwa untuk dapat menaiki Waterways, masyarakat tak perlu bayar cukup membawa 50 Botol bekas plastik.

Waterways Banksasuci bukan hanya sekedar transportasi, namun juga salah satu upaya menanggulangi sampah plastik dari sumbernya, sehingga masyarakat tertarik untuk memilah dan mengumpulkan sampah dirumah, agar dapat menikmati Waterways,” papar Dayax.

Dayax berharap dengan adanya Waterways Banksasuci, masyarakat dapat menempuh tempat tujuan tanpa macet dan menikmati pemandangan suasana tepi Sungai Cisadane.

“Kami ucapakan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dengan Banksasuci, program Banksasuci kedepan kami akan membangun Riverside Education Center, minta doanya yah,” pungkasnya.(GusN/lla).