Home / NASIONAL

Selasa, 30 Agustus 2022 - 23:51 WIB

Kementerian PANRB Evaluasi Sarana bagi Kaum Rentan untuk Wujudkan Pelayanan Publik Inklusif

SEKILASBANTEN.COM, JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menunjuk 49 unit penyelenggara pelayanan publik (UPP) sebagai menjadi role model dalam penyediaan sarana prasarana ramah kelompok rentan.

Sarana prasarana kaum rentan ini terus dipantau oleh Kementerian PANRB selaku instansi pembina pelayanan publik, agar fasilitas tersebut hadir sesuai standar demi terwujudnya pelayanan publik yang inklusif.

Monitoring dan evaluasi merupakan langkah konkret untuk mendorong UPP dalam menyediakan sarana prasarana yang mendukung aksesibilitas pelayanan bagi kelompok rentan.

“Mewujudkan pelayanan publik inklusif merupakan salah satu transformasi wajah pelayanan publik yang maju dan berkeadilan.Butuh komitmen dan sinergi bersama dalam membangun pola pikir dan pemahaman yang sama antar pihak terkait, sehingga prinsip _collaborative governance_ harus dijalankan,” ungkap Asisten Deputi Standardisasi Pelayanan Publik dan Pelayanan Inklusif Kementerian PANRB Noviana Andrina dalam Monitoring dan Evaluasi Sarana Prasarana Ramah Kelompok Rentan Tahun 2022, Senin (29/08).

Berdasarkan UU No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik, kelompok rentan terdiri dari disabilitas, wanita hamil, ibu menyusui, anak-anak, lansia, dan korban bencana sosial serta korban bencana alam. Asas pelayanan publik meliputi kemudahan aksesibilitas serta fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan.

Baca Juga  Sambut Asian Games, Kemenperin Bersama Pelaku Industri Bersihkan Jakarta

Penyediaan sarana prasarana ramah kelompok rentan juga merupakan kepedulian untuk menjamin dan melindungi hak kelompok rentan dalam mendapatkan kesempatan pelayanan yang setara. Dengan demikian, kelompok rentan dapat berpartisipasi penuh mengakses pelayanan publik dengan mudah, aman, nyaman, dan mandiri.

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini akan menilai ketersediaan sarana prasarana ramah kelompok rentan yang terdiri dari 14 fasilitas di UPP role model sebagaimana SE Menteri PANRB No. 66/2020 tentang Penyediaan Sarana Prasarana bagi Kelompok Rentan dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Keempat belas sarana prasarana tersebut meliputi kursi roda/tongkat/krek; pintu masuk yang mudah diakses; jalan landai dan pegangan rambat; lift khusus kelompok rentan disertai huruf braille; selasar yang menghubungkan semua ruang; toilet khusus; loket khusus; ruang tunggu khusus; serta guiding block dan parkir khusus. Kemudian, alat bantu tunanetra dan tunarungu; arena bermain anak; ruang laktasi/menyusui; serta fasilitas lain pendukung layanan seperti petugas pemandu ataupun petugas yang mampu berbahasa isyarat.

Baca Juga  Koramil 07/Kresek Terus Lakukan PDMPK di Tengah Pengamanan Buruh

“Hasil dari monitoring dan evaluasi dari UPP role model ini akan menjadi bahan kajian penyusunan kebijakan pelayanan inklusif yang lebih luas dan komprehensif sehingga diharapkan kebijakan pelayanan publik inklusif dapat menjadi isu prioritas bersama,” pungkas Noviana.

Monitoring dan evaluasi sarana prasarana ramah kelompok rentan ini berlangsung selama dua hari hingga besok (30/08). Kegiatan dihari pertama diikuti oleh 24 UPP, sedangkan hari kedua diikuti oleh 25 UPP.

Sebanyak 49 UPP role model tersebut merupakan perwakilan dari 10 kementerian dan lembaga. Terdiri atas Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Agama, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Sosial, Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung, serta Polri. (HUMAS MENPANRB)

Share :

Baca Juga

NASIONAL

Visi Menteri PANRB Azwar Anas, RB Harus Berdampak Nyata Tanggulangi Kemiskinan

NASIONAL

Bersama UNIDO Pemerintah RI Selenggarakan RCID di Bali

NASIONAL

Presiden Blusukan Cek Ketersediaan Obat di Apotek

NASIONAL

Efek Hilirisasi Industri: 78 Persen Ekspor CPO Bernilai Tambah Tinggi

NASIONAL

Trafo Listrik Pondok Pucung Terbakar Dan Menjalar Ke Kabel Lain

NASIONAL

Melalui Pameran Produk IKM, Kemenperin Perkenalkan Keindahan Budaya Indonesia ke Internasional

NASIONAL

Polisi Sepatu Roda Polresta Bandar Lampung Latihan Rutin

NASIONAL

Hadirnya SP4N-LAPOR! di Layanan Pesan Instan Harus Percepat Aduan Warga