Home / NASIONAL

Rabu, 1 September 2021 - 18:37 WIB

Peringati HUT Polwan ke-73, Firli: Semangat ANTIKORUPSI

SEKILASBANTEN.COM, JAKARTA – Segenap insan Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian Republik Indonesia kembali memperingati HUT Polwan Ke-73 dengan tema ‘Transformasi Polri yang Presisi Polwan Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju’.

Tema besar yang diusung tersebut dijadikan sebagai momentum untuk mengakselerasi kebangkitan bangsa dan negara kita di tengah Pandemi Covid-19, menuju Indonesia Maju, Indonesia bebas dari Korupsi.

ketua KPK Komjen. Pol. Drs. H. Firli Bahuri, M.Si

“Kita semua tentunya yakin, srikandi yang terpanggil dan terpilih menjadi Polwan senantiasa menjiwai filosofi Esti Bhakti Warapsari dalam menjalankan tugas tanpa pamrih dan dengan penuh kesederhanaan, kewibawaan serta kebesaran jiwa, guna mewujudkan keamanan, kedamaian, kesejukan dan ketentraman ditengah bangsa Indonesia. Ungkap ketua KPK Komjen. Pol. Drs. H. Firli Bahuri, M.Si dalam siaran persnya, Rabu (1/9/2021).

Firli menuturkan bahwa sebagai insan Rastra Sewakotama, abdi utama nusa bangsa, pelindung serta pengayom segenap tumpah darah Indonesia, Polwan senantiasa tangguh, tegar dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas dan kewajiban dimanapun mereka ditempatkan.

“Nilai plus inilah yang kami lihat, KPK perlu meningkatkan kerjasama dengan Polri untuk menjadikan Polwan sebagai agen pencegahan tindak pidana korupsi, dengan cara melatih mereka dalam program gerakan Agen Pembangun Integritas dan Penyuluh Anti Korupsi,” terangnya.

“Perlu diketahui, peran perempuan sangat signifikan dalam upaya pencegahan korupsi. Mengingat kaum hawa mampu memberikan pengaruh baik, bukan hanya bagi keluarganya saja melainkan lingkungan dan masyarakat sekitar,” tambahnya.

Polwan yang juga menjadi Agen Pembangun Integritas dan Penyuluh Anti Korupsi, kata Firli, akan semakin menaikkan citra positif Institusi Bhayangkara dalam hal pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Selain itu, dari berbagai kasus yang kami tangani, tidak sedikit dari kasus korupsi menunjukan fakta dugaan adanya peran perempuan meski keterlibatan mereka harus benar-benar dikaji terlebih dahulu,” ungkapnya

Gerakan Agen Pembangun Integritas dan Penyuluh Anti Korupsi yang melibatkan Polwan didalamnya, adalah salah satu dari program strategi pencegahan korupsi KPK melalui pendekatan Pendidikan Masyarakat dan Peningkatan Peran Masyarakat.

Firli mengharapkan mampu membentuk mindset serta culture-set baru yang menempatkan korupsi dan perilaku koruptif adalah musuh utama bangsa dan negara, bukan kultur, budaya apalagi warisan pendahulu bangsa, mengingat korupsi jelas dapat menggagalkan tujuan bernegara.

“Kami ingatkan kembali, bahwasanya banyak bangsa dan negara di dunia yang hancur setelah korupsi serta perilaku koruptif menjadi laten atau budaya dan berurat akar. Merusak sendi-sendi kehidupan ekonomi, sosial dan budaya, hingga pemerintahan di negara tersebut gagal mewujudkan tujuan bernegara,” tegasnya.

“Insya Allah, tauladan yang diberikan Polwan khususnya yang terlatih sebagai agen SPAK dapat menjadi motor perubahan bagi bangsa dan negara ini menuju Indonesia Maju dan Indonesia ANTIKORUPSI, agar cita-cita luhur dan tujuan NKRI untuk melindungi, mensejahterakan, serta memakmurkan segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia dari Sabang sampai Merauke, mulai Miangas hingga Pulau Rote, akan terwujud dan dirasakan seluruh Rakyat Indonesia,” imbuhnya.

“Dirgahayu Polwan Republik Indonesia, mari kita peringati HUT Polwan Ke-73 dengan semangat ANTIKORUPSI,” tutupnya. (Red/*).

Share :

Baca Juga

NASIONAL

MD Kahmi Manokwari Dorong Pemda Aktifkan Perda Miras

NASIONAL

‘Jumat Barokah’ Pimum Media Purna Polri Bersama Perwakilan Babel Giat Rutin Bagikan Sembako

NASIONAL

Pelanggan Sepi, Pedagang Kuliner Lesehan di Depok Banting Stir Ditengah Pandemi Covid-19

NASIONAL

Menperin: Penerapan SNI di Sektor Industri Sudah Semakin Tinggi

NASIONAL

PWI Minta Kapolri Usut Tuntas Oknum Polisi Pelanggar Kemerdekaan Pers

NASIONAL

1.241 Kasus Baru Covid-19, Indonesia Catat Rekor Harian Tertinggi

NASIONAL

25 Dubes Bakal ke Surabaya Ikuti Rangkaian HPN

NASIONAL

Kemenkumham Berikan 1000 Paket Sembako dan Masker untuk Tangsel
error: Content is protected !!