Home / BANTEN

Minggu, 11 Februari 2024 - 09:29 WIB

GMGM Banten Bersama Puluhan Padepokan Silat dan Debus Deklarasikan Dukung Kemenangan  Ganjar-Mahfud

SEKILASBANTEN.COM, BANTEN – Selasa (6/2/2024), setelah persiapan yang cukup panjang, Generasi Mandiri Ganjar-Mahfud dapat menggelar acara silaturahmi Pelestari Debus Banten Ganjar-Mahfud MD dan Milad Debus Milenial Banten yang bertempat di GOR Maulana Yusuf, Kota Serang.

Acara dihadiri oleh sekitar seribu orang, bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan ketertarikan generasi muda terhadap seni budaya debus Banten. Setelah itu, ini sebagai ajang silaturahmi antar padepokan debus yang tersebar di Provinsi Banten. Bertepatan dengan milad ketiga dari Paguyuban Debus Milenial Banten, melalui acara ini, GMGM melakukan wujud nyata pelestarian Seni Budaya Nusantara.

“Kami telah mengundang puluhan padepokan seni budaya silat dan sebus yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Banten. Dari ujung Selatan Lebak hingga ke bagian Timur Tangerang, pelestari seni Banten berkumpul di Kota Serang memeriahkan Milad ketiga Debus Milenial Banten yang didukung penuh oleh GMGM Banten,” sambut Sauqi Bilah, Koordinator Kota Serang GMGM Banten.

Beliau menambahkan bahwa acara ini diinisiasi oleh Debus Milenial Banten yang diakui oleh para guru-guru mereka yang mendukung pelestarian Seni Budaya Asli Banten ini. Mereka menaruh harapan, melalui dukungan Ganjar-Mahfud yang akan memimpin Indonesia 5 tahun kedepan, dapat membawa seni budaya ini ke arah yang lebih baik.

Baca Juga  Tempat Hiburan Karaoke dan Hall di Kawasan Modern Tak Direstui Muspika Kibin dan Pemdes

“Kang Amin selaku ketua Debus Milenial Banten beserta anggota-anggotanya memiliki harapan lebih kepada Pak Ganjar dan Pak Mahfud MD untuk dapat mendorong upaya pelestarian seni budaya debus agar dikenal baik,” tambah Sauqi Bilah.

“Melalui hajat yang baik di hari yang baik ini, kami Debus Milenial Banten, mendeklarasikan dukungan kami kepada pasangan calon nomor 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Kami berharap kemenangan beliau sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 akan membawa Debus Banten dikenal baik di kancah nasional dan bahkan internasional,” sambut Aminuddin, ketua Debus Milenial Banten.

Giat silaturahmi ini dimulai dengan sambutan dari ketua Debus Milenial Banten, beberapa Caleg dari PDI P dan Perindo, ketua TKRPP Kota Serang dan terakhir oleh Koordinator GMGM untik Provinsi Banten.

Setelah itu, pagelaran seni dimulai dengan setiap paguyuban bergantian mempertunjukan keahlian silat, debus maupun tarian golok mereka. Setiap paguyuban memiliki gaya pertunjukannya masing-masing dan ada juga yang mengajak peserta yang hadir ikut dalam aksi pertunjukan. Seperti Caleg dari Perindo, Ibu Sri Pratini Tungga Dewi yang diajak memukul paku raksasa yang diarahkan ke perut salah satu atlit debus yang sedang tampil.

Baca Juga  Pertama di Banten Lapas Pemuda Tangerang Miliki Kampus Kehidupan untuk Menunjang Pendidikan WBP

Selain dari fokus yang berada di panggung utama, GMGM Banten juga mengundang Museum Golok Banten untuk menunjukan puluhan golok koleksi mereka yang di tata rapih di sisi berlawanan dengan panggung. Mereka menunjukan banyak jenis golok dari banyak aliran dan bahkan ada yang berumur ratusan tahun.

“Saya mewakili Generasi Mandiri Ganjar-Mahfud mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dari seluruh paguyuban seni silat dan debus Banten yang saya tidak bisa sebutkan satu-persatu. Terima kasih juga atas kunjungan dari perwakilan Partai koalisi PDI-P dan Perindo Serang Raya. Dan terakhir kepada seluruh warga Kota Serang yang hadir,” sambut Lutfi selaku Koordinator GMGM Provinsi Banten.

“Kami menghimbau untuk kita bersama-sama mendatangi TPS terdekat dari rumah masing-masing dan mencoblos kotak Paslon Nomor 03 dengan mengucapkan Bismillahirrahmannirrahiim untuk Kemenangan Ganjar-Mahfud sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029,” tutup Lutfi mengakhiri Silaturahmi dan Pagelaran Seni Budaya Banten. (Red)

Share :

Baca Juga

BANTEN

Bagikan Bansos Covid-19, Wagub Minta Masyarakat Tak Bingung Soal New Normal

BANTEN

Kapolres Metro Tangerang Kota Cek TKP Wanita Diduga Bunuh Diri di Periuk

Lebak

Mantan Lurah dan Kades Se-Lebak Banten Deklarasi Dukung Ganjar- Mahfud

Kota Serang

Tidak Hadiri Undangan Klarifikasi, Ditreskrimum Polda Banten Akan Lakukan Gelar Perkara

BANTEN

Ini Kata Bang Ben Soal Tempat Sampah Kantong Plastik

BANTEN

Perjalanan Ritual Seba Masyarakat Adat Baduy Tiba di Gedung Pemprov Banten

BANTEN

Rizky Kurniawan: Terima Kasih Masyarakat Dapil 2 Kota Serang

BANTEN

Polres Metro Tangerang Kota Siapkan Bensin Gratis Untuk Pemudik di Pos Pelayanan Jatiuwung
error: Content is protected !!