Home / Kota Tangerang

Rabu, 5 Juni 2024 - 21:47 WIB

Gegara Harlah Pancasila, Kesbangpol Kota Tangerang Didemo Aktivis

SEKILASBANTEN.COM, KOTA TANGERANG — Puluhan masa aksi yang tergabung dalam Aliansi Forum Aktivis Tangerang Raya (Fortang) melakukan demonstrasi di depan Kantor Badan Kesbangpol Kota Tangerang. Aksi tersebut dilakukan atas kegagalan organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut, dalam memaknai Hari Lahir (Harlah) Pancasila pada 1 Juni 2024.

Selain gagal dalam memaknai Harlah Pancasila, Badan Kesbangpol pun gagal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai OPD yang melakukan pembinaan terhadap masyarakat, diantaranya Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP).

Meski dalam aksi tersebut, massa demonstrasi dihadang oleh Ormas. Masa aksi tetap terus menyuarakan tuntutan dan berhasil memberikan tutuntan tersebut ke Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang, Teguh Supriyanto di depan kantornya.

Baca Juga  Beredar Poto Mesra, Diduga Oknum Guru SMAN 4 Kota Tangerang Dengan Siswi Berseragam Sekolah

Kordinator Lapangan Aksi, Taher mengatakan, pihaknya menyuarakan tuntutan atas kegagalan Kaban Kesbangpol Kota Tangerang dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Lantaran OPD tersebut, dalam pelaksanaan Upacara Harlah Pancasila dinilai gagal.

“Upacara Pancasila seharusnya ramai dengan organisasi masyarakat (Ormas), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Kemasyarakat Pemuda (OKP). Tapi yang terlihat dan hadir pada acara tersebut hanya segelintir saja” jelasnya.

Selain itu pun, pihaknya melihat Kesbangpol Kota Tangerang gagap dalam melakukan peringatan Harlah Pancasila. Sebab, OPD itu melakukan konser yang diundang band papan atas Indonesia.

“Ko Kesbangpol jadi Event Organizer (EO). Bukan melakukan pembinaan terhadap masyarakat atas peringatan Pancasila ini. Malah hanya buat konser yang sebenarnya bukan tugas dan fungsi dari Kesbangpol. Ini bukti Kepala Badan Kesbangpol tidak becus dalam menjalankan fungsi dan tugasnya,” ketusnya.

Baca Juga  Pendidik Berprestasi Sebagai Penunjang Mutu Pendidikan di Kota Tangerang

Diketahui, Harlah Pancasila pada 1 Juni 2024, Badan Kesbangpol Kota Tangerang menggelar upacara di Alun-Alun Kota Tangerang, yang dihadiri hanya sebagian lembaga Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan tidak semua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau organisasi masyarakat (Ormas).

Selain upacara itu pun, Badan Kesbangpol menggelar konser di Taman Elektrik, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang pada malam 1 Juni 2024, yang tampil Band Netral dan Band lokal yang ada di Kota Tangerang. (Red)

Share :

Baca Juga

Kota Tangerang

Sopir Angkot Si Benteng Diduga Mesum dengan Abg di Jatiuwung Tangerang

Kota Tangerang

Lurah Uwung Jaya Hadiri Lounching Ketahanan Pangan di RW 05

Kota Tangerang

Entaskan Pengangguran, Zainal Sopyan Alias Oboy Siap Nyaleg DPRD Kota Tangerang 2024

Kota Tangerang

Gandeng Pemkot Tangerang, Anak Usaha PLN Sulap Sampah Jadi Bahan Bakar PLTU

Kota Tangerang

Arief : Istiqomah Tarawih  hingga Akhir di Al Azhom, Akan Berbuah Berkah

Kota Tangerang

Lapas Kelas IIA Tangerang Miliki Museum Pemasyarakatan Hingga Sarana Asimilasi dan Edukasi

Kota Tangerang

Tuntut Pesangon, Ratusan Buruh PT Tuntex Garment Indonesia Gelar Aksi Unjuk Rasa

Kota Tangerang

Pemkot Tangerang Ajukan 209 Inovasi Daerah ke Kemendagri
error: Content is protected !!