Home / Kota Serang

Selasa, 1 Maret 2022 - 12:28 WIB

Sungai Cibanten Meluap, Sebagian Wilayah Kota Serang Terendam Banjir

SEKILASBANTEN.COM, SERANG – Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi sejak malam hari Senin, 28 Februari 2022 sampai dengan pagi hari Selasa, 01 Maret 2022, mengakibatkan terjadi luapan air Sungai Cibanten dan masuk ke dalam rumah-rumah warga yang berada di beberapa tempat di Kota Serang, adapun titik-titiknya sbb:

1. RW 11, RW 13, RT 04/RW 14 dan RW 15 Lingkungan Benggala tengah dan lingkungan Ciawi Kelurahan Cipare,air banjir Sungai Irigasi
2. RT 04/RW 02 Lingkungan Pekarungan Kelurahan Kagungan.
3. RW 5 Lingkungan Magersari kelurahan Kota Baru.
4. Lingkungan Cikulur kelurahan Serang.
5. Kelurahan yang lain sedang pendataan.

Berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer tanggal 28 Februari 2022, saat ini cuaca di wilayah Banten masih dipengaruhi oleh fenomena global yakni Indeks ENSO di NINO3.4 : yang bernilai -0,59 sehingga signifikan terhadap peningkatan hujan harian di wilayah Indonesia. Didukung juga oleh kondisi regional yang saat ini signifikan diantaranya MJO yang berada pada kuadran 4 (Indian Ocean) sehingga berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia. Suhu muka laut di sekitar perairan Banten termasuk dalam kategori hangat, hal ini mendukung adanya penguapan sehingga menyebabkan penambahan suplai uap air di atmosfer untuk mendukung terbentuknya awan-awan konvektif di sekitar Provinsi Banten. Peta angin gradien tanggal 28 Februari 2022 jam 12 UTC (19.00 WIB) terpantau adanya tekanan rendah Barat Sumatera dan di Selatan Jawa serta terdapat Siklon Tropis Vernon di Samudera Hindia Barat Daya dan terdapat daerah konvergensi serta belokan angin di sekitar Provinsi Banten. Hal tersebut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Banten. Nilai kelembapan yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas mengindikasikan kondisi uap air yang tersedia di wilayah Banten cukup basah sehingga berpotensi dalam pembentukan awan hujan terutama di wilayah Banten.

Baca Juga  Walikota Serang Cek Langsung Pelaksanaan PSBB di Kota Serang

Tanggal 28 Februari 2022, AWS Digi Stamet Serang = 104.4 mm/hari (hujan lebat)

Baca Juga  Dampak Angin Kencang Dan Hujan Deras Pohon Besar Di Kampung Tembong Sawo Roboh

Peringatan dini cuaca ekstrem wilayah Banten sudah dikeluarkan oleh FOD BMKG Banten pada tanggal 28 Februari 2022 Pukul 00.43 WIB.

REKOMENDASI:
1. Kejadian curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di wilayah Banten selama 3 hari kedepan.

2. Kepada masyarakat dan instansi yang terkait agar tetap waspada terhadap terjadinya bencana hidrometeorologis seperti genangan, banjir, tanah longsor, dan cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan juga angin kencang.

3. Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor agar tetap waspada khususnya pada kejadian hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut.

(Sumber : Grup WhatsApp Tim PB-Kota Serang,dan Prakirawan – BMKG Banten
http://balai2.bmkg.go.id/)

Share :

Baca Juga

Kota Serang

Pemberlakuan PSBB di Kota Serang Mulai 10 September 2020

Kota Serang

Pemkot Tangsel Serahkan LKPD Tahun 2020

Kabupaten Serang

Pemkot Serang Sambut Baik Kerjasama TPA Cilowong

Kota Serang

Ketua PWI Banten Kunjungi Kantor Redaksi KabarXXI

Kota Serang

Wakil Walikota Serang Ikuti Pidato Kenegaraan Presiden RI Secara Virtual

Kota Serang

Dibangun SMSI, Mensos Resmikan Jalan dan 16 MCK di Kota Serang

Kota Serang

Tolak UU Ciptaker, Ribuan Buruh Aksi Depan Pendopo Bupati Serang dan Gedung Dewan

Kota Serang

Diskominfo Kota Serang Gelar Kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi
error: Content is protected !!