Home / MILITER

Jumat, 20 Mei 2022 - 13:16 WIB

Upacara Harkitnas ke-114, Kasdim 0510/Trs Bacakan Amanat Menkominfo RI

SEKILASBANTEN.COM, Kodam Jaya, Tigaraksa – Komandan Kodim 0510 Tigaraksa Letkol Inf Bangun IE Siregat diwakili Kasdim 0510/Trs Mayor Arh I Wayan Kariana menjadi Inspektur Upacara Bendara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitmas) Ke-114 tahun 2022 di Makodim 0510/Trs Jalan M. Atik Soeardia, Kadu Agung, Kec. Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Jumat (20/05/2022).

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 tahun 2022 ini mengangkat tema, “Ayo Bangkit Bersama”, yang bertindak sebagai Danup Kapten Inf Irwanto Danramil 06/ Trs dan Cadangan Danru Kapten Inf Khoiril Anwar Danramil 07/Krs, dengan Perwira Upacara Kapten Arh Samsuri Pasiter Kodim 0510/ Trs, Kapten Kav Sahrul Sani Pasipers Dim 0510/Trs ( Cad Pa up ), dan juga hadir Pasi Jajaran Kodim 0510/ Trs serta Danramil Jajaran Kodim 0510/ Trs.

Sedangkan susunan pasukan Upacara dari satu Pelton Pok Pama,
satu kompi Pok Ba/Ta, satu Regu Pok Unit Intel dan satu Regu Pok PNS.

Kasdim 0510 Tigaraksa Mayor Arh I Wayan Kariana membacakan amanat Menteri Kominfo RI Johnny G.Plate bahwa tema tahun ini peringati Harkitnas Ke 114 “Ayo Bangkit Bersama” sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

Baca Juga  PACU SEMANGAT TMMD, KAPENREM 063/SGJ LAKUKAN KUNJUNGAN SILATURAHMI DENGAN JURNALIS SUBANG

Dikatakan, upacara hari Kebangkitan Nasional tersebut, hendaknya tidak hanya dimaknai seremonial saja guna memahami esensi sejarah kebangkitan nasional, namun bisa ditelaah sisi historis dibalik peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

“Hari Kebangkitan Nasional, ditetapkan Presiden Soekarno pada tanggal 20 Mei 1948 hari lahir perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia, karena dimasa itu terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi ditengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin berkuasa kembali”, terangnya.

“Semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo, diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa”, himbau Menkominfo dalam amanatnya.

Dijelaskan bahwa, Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan. Didirikan oleh DR.Sutomo beserta para mahasiswa STOVIA pada tahun 1908.

Boedi Oetomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Organisasi yang menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan.

Baca Juga  Letkol Pnb Y. Fritz Dehaan Resmi Jabat Komandan Skadron 45

“Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam konggres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran dan kebudayaan”, ungkap Menkominfo RI

Terkait hari Kebangkitan Nasional ditengah pandemi Covid-19, Menkominfo mengatakan, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini ditengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil. “Kita patut memaknai Kebangkitan Nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa”, tegasnya.

Menkominfo berharap, ditengah momentum penanganan nasional covid-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya dapat memaknai semangat pantang menyerah DR.Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia.

“Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!!” pinta Menkominfo diakhir amanatnya.  (Red)

Share :

Baca Juga

MILITER

Satgas TMMD ke-108 Dan Masyarakat Makan Siang Bersama

MILITER

TMMD 108 Kodim Subang Berikan Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat

MILITER

Danramil 13/Cisoka Pimpin penyekatan di Stasiun Tigaraksa dan Cisoka

MILITER

Terangnya Lampu, Secerah Senyum Diwajah Bapak Asep Berkat Rutilahu

MILITER

Paska Lebaran, Danramil 02 Curug Lakukan Penyekatan Arus Balik

MILITER

Koramil bersama Persit KCK Ranting 02 Koramil 01/Tln, Bantu Percepatan Penanganan Covid-19

MILITER

KEREN! SATGAS TMMD TERNYATA TAK HANYA AHLI PERANG, TAPI AHLI BANGUNAN JUGA

MILITER

Babinsa Gembong Dampingi Stap Desa Pendistribusian BLT Tahap 7