Home / Kota Tangerang

Minggu, 22 Oktober 2023 - 17:28 WIB

Andri Permana Sarankan, Pemkot Tangerang Tingkatkan Status Kebakaran TPA Rawa Kucing jadi Bencana Daerah

SEKILASBANTEN.COM, KOTA TANGERANG – Andri S Permana sarankan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk meningkatkan status kebakaran TPA Rawa Kucing menjadi bencana daerah lantaran

sejak Jumat (20/10/2023) lalu, hingga saat ini belum juga padam.

Andri S Permana yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan tersebut mengatakan, Pemkot Tangerang kurang melihat dampak penyakit dikarenakan eskalasi kebakaran di TPA Rawa Kucing yang semakin membesar. Pemkot juga tidak memiliki rencana kontigensi kebakaran sampah tersebut.

“Karakter kebakarannya mirip kebakaran di lahan gambut. Tidak mampu sarana dan prasarananya, tidak ada rencana kontigensinya dan sudah masuk ke dalam lokasi masyarakat,” kata Andri, kepada wartawan, Minggu (22/10/23).

“Karena sudah ada pemukiman penduduk yang juga sudah terdampak, kita tidak bisa bilang itu baik baik saja, karena dampaknya tidak dapat di ukur sekarang, karena itu namanya penyakit akibat bencana, dia bisa dalam artian ada kronis ada akut. Itu, dalam artian kronis menahun,” tambahnya.

Baca Juga  Dr Dini Anggraeni Resmi Dilantik Sebagai Kadinkes Kota Tangerang

Menurutnya, kejadian kebakaran yang sudah berlangsung selama dua hari tersebut, dirinya meminta Pemerintah Kota Tangerang untuk meningkatkan status kebakaran tersebut menjadi status bencana daerah.

“Dimana dua hari ini dimana eskalasi apinya tidak kunjung padam bahkan cenderung membesar, dimana karakteristiknya mirip dengan kebakaran gambut jadi lebih baik kita menyarankan untuk pemerintah kota tangerang untuk meningkatkan statusnya menjadi bencana daerah,” tegasnya.

Dalam hal ini, menurut Andri, Pemkot Tangerang dapat segera melakukan darurat kesiagaan secara sistematis, sehingga dapat tanggap dalam melindungi masyarakat Kota Tangerang yang terdampak.

Baca Juga  Urai Kemacetan Jalan Kali Perancis, Pemkot Tangerang Bangun Looping Rawa Bokor

“Kecuali pemerintah dengan pasti, lugas dan sistematis menyampaikan strateginya seperti ini apa, kalau dia tidak punya kepastian, kestrategisan dan langka langkah yang tepat maka jangan malu sebenarnya inikan bicaranya bukan gengsi ini adalah masyarakat disekitar masalahnya, demi keselamatan rakyat,” tandasnya.

Dampak dari kejadian tersebut, puluhan warga sekitar TPA Rawa Kucing, Neglasari pun diungsikan ke kantor kecamatan Neglasari dan Kantor Kelurahan Kedaung yang lokasinya tidak terlalu jauh dari lokasi terjadinya kebakaran. (Red)

Share :

Baca Juga

Kota Tangerang

Diduga PT GIK, PHK Karyawan Tanpa pesangon

Kota Tangerang

HUT Kota Tangerang ke-30, RSUD Ajak Ratusan Pelajar Ikuti Giat SIGIBER

Kota Tangerang

Jaga Kondusifitas, Musda DPD KNPI Kota Tangerang Dibatalkan

Kota Tangerang

Dukung Mensos, Wali Kota Tegaskan Tidak Boleh Ada Pungli Untuk Bansos

Kota Tangerang

Diduga Jadi Sarang Prostitusi, RedDoorz Hotel Parung Serab Disegel

Kota Tangerang

Jika Melanggar Perda, Pj Walikota Tangerang akan Menindak Karaoke Western

Kota Tangerang

Gebyar Indonesia Raya, Ribuan Kader DPC Gerindra Kota Tangerang Antusias Ikuti Gerak Jalan

Kota Tangerang

Bangunan Ruko Berlantai 2 di Jalan Amil Pasar Baru Diduga Belum Miliki IMB
error: Content is protected !!