Home / KESEHATAN

Sabtu, 9 Oktober 2021 - 04:48 WIB

Ini 5 Hal Yang Perlu Diwaspadai Gangguan Kesehatan di Bulan Ramadan

SEKILASBANTEN.COM, TANGERANG – Bulan puasa Ramadan membutuhkan fisik yang prima agar dapat menjalani ibadah dengan baik.

Namun, perubahan pola konsumsi dan gaya hidup sedikit banyak bakal memengaruhi kondisi tubuh saat bulan Ramadan. Oleh karenanya, agar tak jatuh sakit dan beribadah tetap lancar, beberapa gangguan kesehatan yang kerap dialami saat bulan puasa ini patut diwaspadai:

1. Kelelahan

Saat bulan puasa, tubuh biasanya bangun lebih cepat pada dini hari untuk sahur dan tidur larut malam usai salat tarawih. Pola tidur yang berubah dan cenderung lebih sedikit sedangkan aktivitas tetap sama seperti biasanya membuat tubuh rawan kelelahan.

2. Asam Lambung

Gangguan asam lambung atau dikenal juga dengan maag merupakan salah satu penyakit yang kerap muncul saat bulan Ramadan. Asam lambung dapat meningkat saat perut kosong.

Baca Juga  Amankah Berhubungan Seks Ditengah Pandemi Covid-19, Berikut Penjelasannya

Oleh karena itu, agar maag tak menyerang sebaiknya jangan lewatkan waktu sahur. Serta, hindari makanan dan minuman yang dapat meningkat asam lambung seperti kopi, soda, dan gorengan saat perut masih dalam keadaan kosong.

3. Dehidrasi

Saat bulan puasa, sering kali tubuh kekurangan cairan dan membuat dehidrasi. Jika kebutuhan air tak mencukupi, sistem kerja organ dapat terganggu dan meningkatkan risiko penyakit. Salah satu tanda tubuh kekurangan air dapat dilihat dari bibir pecah-pecah, kulit kering, sertaurine yang berwarna dan berbau.

Dalam Pedoman Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan, remaja dan orang dewasa dianjurkan untuk minum dua liter atau sekitar delapan gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh.

Baca Juga  Gelar Aksi, Mahasiswa Desak Pemkot Bentuk Dewan Kesehatan

4. Batuk

Santapan yang kerap dinikmati saat sahur dan berbuka sering kali memicu radang tenggorakan. Sajian seperti minuman manis dan dingin serta makanan manis dan gorengan sebaiknya dikonsumsi dengan tidak berlebihan. Asupan ini dapat diimbangi dengan konsumsi air hangat dan buah-buahan agar tak memicu radang. tenggorokan.

5. Sembelit

Sulit buang air besar juga sering jadi masalah saat bulan Puasa. Pola makan yang tak teratur serta kurangnya asupan cairan jadi salah satu pemicu munculnya konstipasi.

Agar sembelit tak datang pada bulan puasa kali ini, konsumsi makanan kaya serat dan cairan sangat diperlukan. Serat bisa didapat dari sayuran hijau dan buah-buahan. Tambahan yogurt juga baik dikonsumsi saat berbuka puasa. (Red)

Originally posted 2020-05-03 21:35:23.

Share :

Baca Juga

KEPOLISIAN

Polrestro Tangerang Kota Gelar Bakti Kesehatan di Pondok Arum

KESEHATAN

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkot Lakukan Penyemprotan Massal Disinfektan

KESEHATAN

Pilar Meninjau Vaksinasi Tahap Kedua di Teras Kota

KESEHATAN

Lurah Pabuaran Tumpeng: Program PHBS Layak Diprogramkan dan Diterapkan di Masyarakat

KESEHATAN

Airin Pastikan Darah di Tangsel Gratis

KESEHATAN

Peringati Hari Kesehatan Nasional Pemkot Tangerang Gelar Event Bugar Run 2019

KESEHATAN

Pogram Vaksinasi Gotong Royong, PT Mayora Indah Targetkan 5000 Karyawan di Vaksin Sinoparm

KESEHATAN

Pemkot Tangsel Akan Lakukan Vaksinasi Covid-19