Home / Kota Tangerang

Jumat, 15 Oktober 2021 - 13:52 WIB

Terapkan PTM, Disdik Kota Tangerang Optimalkan Peran Satgas Tingkat Kelas

SEKILASBANTEN.COM, KOTA TANGERANG — Dinas Pendidikan Kota Tangerang terus mengoptimalkan peran Satgas tingkat kelas yang telah dibentuk untuk memastikan siswa menerapkan protokol kesehatan selama proses belajar mengajar.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin di Tangerang mengatakan, pembentukan Satgas hingga tingkat kelas yang diinisiasi oleh Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah adalah upaya mitigasi dini adanya siswa yang terpapar COVID-19 dan penerapan prokes berjalan maksimal.

“Jadi, ada Satgas internal dan eksternal yang telah dibentuk dalam mengawasi penerapan prokes selama belajar mengajar. Dengan adanya penambahan Satgas di kelas, pemantauan akan lebih optimal,” ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (15/10/2021).

Kepada siswa, pihak sekolah juga diminta rutin memberikan imbauan ke siswa guna kenyamanan selama belajar mengajar. Sebab, penerapan protokol kesehatan wajib dilaksanakan mulai dari berangkat hingga pulang sekolah.

Baca Juga  Satpol PP Kota Tangerang Akan Segel Pembangunan Gudang PT Tiki

Sementara itu, Dinas Pendidikan juga akan terus melakukan skrining terhadap SMP yang sudah menerapkan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Kegiatan ini akan melibatkan peran dinas kesehatan.

“Untuk memastikan kenyamanan dan kesehatan semua siswa termasuk tenaga pengajar, skrining dilakukan pada sekolah yang sudah melaksanakan PTM,” kata dia.

Sementara itu, PTM di Kota Tangerang untuk tingkat SMP telah dilaksanakan secara bertahap. Untuk tahap pertama diterapkan kepada 40 SMP, dilanjutkan tahap kedua untuk 60 sekolah dan tahap ketiga 48 SMP.

Sebelumnya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memberikan apresiasi atas upaya Pemerintah Kota Tangerang, Banten dalam membentuk Satgas COVID-19 di setiap kelas sebagai upaya mitigasi dalam pencegahan.

Baca Juga  Percepat Vaksinasi, UPT Samsat Cikokol Tangerang Vaksin Masyarakat Wajib Pajak

“Kami apresiasi upaya Pemkot Tangerang dengan membentuk Satgas Kelas. Ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain terutama yang sudah menjalankan PTM sebagai mitigasi dalam mencegah klaster di kelas maupun sekolah,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek, Jumeri saat melakukan kunjungan kerja ke SMP Negeri 13 Kota Tangerang belum lama ini.

Dengan adanya Satgas COVID-19 tingkat kelas, akan memudahkan pengawasan oleh wali kelas dan jika ditemukan kasus COVID-19, penanganan dapat segera dilakukan melalui kebijakan kepala sekolah.

“Ketika Satgas Kelas ini dibentuk, akan muncul peta pengawasan yang mudah untuk dilakukan pelacakan jika ditemukan kasus COVID-19. Langkah Pemkot Tangerang sudah tepat, ini sangat efektif,” katanya.  (adv)

Share :

Baca Juga

Kota Tangerang

Proyek BKM di Kunciran Indah Dinilai Asal – Asalan

Kota Tangerang

Dilantik, Abdul Majid Resmi Ketua PWI Kota Tangerang 2021-2024

Kota Tangerang

Soal Anggaran Covid-19, Arief : Ada Pendampingan BPKP dan BPK

Kota Tangerang

Forwat Gelar Refleksi Catatan Akhir Tahun dan Santunan

Kota Tangerang

Kunjungi TPST Pabuaran Tumpeng, Menteri LHK Puji Wali Kota Tangerang

Kota Tangerang

Ini Sanksi Bagi Masyarakat Jika Melanggar Protokol Kesehatan Covid-19 di Kota Tangerang

Kota Tangerang

DPD AMPHURI Banten Dilantik, Seribu Jamaah Umroh Asal Banten Diprioritaskan Berangkat di 2021

Kota Tangerang

Aksi Nyata Lawan Narkoba : Gabungan Ormas dan Pemuda Batusari lakukan War-War Deklarasi Bersama “Merdeka Tanpa Narkoba”