Home / NASIONAL

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:42 WIB

Presiden Blusukan Cek Ketersediaan Obat di Apotek

SEKILASBANTEN.COM, NASIONAL – Presiden Joko Widodo pada Jumat, 23 Juli 2021, mengunjungi salah satu apotek di Kota Bogor. Presiden hendak mengecek ketersediaan beberapa jenis obat dan suplemen yang dibutuhkan masyarakat untuk penanganan Covid-19.

Dalam kunjungannya tersebut, Presiden menjumpai beberapa jenis obat dan vitamin mengalami kekurangan stok. Presiden pun menelepon Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk memastikan ketersediaan obat-obatan tertentu.

“Pak, ini saya cek ke apotek di Bogor. Saya cari obat antivirus Oseltamivir, enggak ada. Cari lagi, obat antivirus yang Favipiravir juga enggak ada, kosong. Saya cari yang antibiotik, Azithromycin, juga enggak ada,” ujar Presiden kepada Menkes.

Baca Juga  Keberkahan Menyantuni Anak Yatim, Eko: Allah Janjikan Ketentraman dan Kebahagiaan dalam Hidupnya

Setelah melakukan pengecekan, Menkes pun memberikan data terkait stok obat-obatan yang dicari Presiden tersebut di sejumlah apotek lain di Kota Bogor.

“Itu ada data online yang ada di rumah sakit, nah itu bisa dilihat by kota segala macam, berikut apoteknya, Kimia Farma, Century, Guardian, K24,” jelas Menkes di ujung telepon.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah meluncurkan situs https://farmaplus.kemkes.go.id/ untuk memudahkan masyarakat mengecek ketersediaan obat dan vitamin, terutama bagi pasien Covid-19. Situs tersebut mencakup lebih dari 2.100 apotek di seluruh provinsi di Indonesia.

Baca Juga  Ingat, ASN Dilarang Mudik

Oleh karena itu, Presiden menyarankan kepada masyarakat yang membutuhkan obat dan vitamin tersebut untuk mengecek terlebih dahulu di https://farmaplus.kemkes.go.id/

“Anda bisa mengecek ketersediaan obat dan vitamin itu melalui situs https://farmaplus.kemkes.go.id/ yang sekarang mencakup lebih dari 2.100 apotek di seluruh provinsi di Indonesia,” ucap Presiden Jokowi dalam akun Instagram @jokowi.

(BPMI Setpres)

Share :

Baca Juga

NASIONAL

BLI Berperan Dalam Upaya Dongkrak Daya Saing Indonesia

NASIONAL

DPP Serikat UMKM Nusantara Gelar Musyawarah Bentuk Kepengurusan

NASIONAL

Menteri Tjahjo Kunjungan Kerja Ke Sulut

NASIONAL

Penyederhanaan Birokrasi Dorong Semangat Kepemimpinan dari Eselon I dan II

NASIONAL

Pengembangan Sektor Industri Kemaritiman Jadi Prioritas Pemerintah

NASIONAL

Dukung Upaya Percepat Pemulihan Ekonomi Indonesia, EuroCham Siap Berkolaborasi dengan Pemerintah

NASIONAL

Pentingnya Teknologi Informasi Dalam Kearsipan

NASIONAL

Siap-siap Pelaku Industri, Kemenperin Bakal Luncurkan Indi 4.0