Home / KESEHATAN

Sabtu, 17 September 2022 - 16:42 WIB

Tahun Depan RSUD Tigaraksa Bakal Mulai Dibangun

SEKILASBANTEN.COM, KABUPATEN TANGERANG — Pembangunan RSUD Tigaraksa direncanakan bakal dimulai pada Oktober ditahun depan, segala persiapan, mulai dari pengadaan lahan, kajian teknis dan legalitas untuk mendirikan fasilitas kesehatan bagi masyarakat telah dilakukan oleh orang orang yang ahli dibidangnya dan dipastikan telah terpenuhi dengan sempurna.

Hal tersebut ditegaskan kepala dinas kesehatan Kabupaten Tangerang dr Hj. Desiriana Dinardianti, MARS usai menggelar audensi dengan perwakilan pengurus LSM Barisan perjuangan Rakyat Jelata (BARATA) di Tangerang kamis (18/8/2022).

Menurut dr Hj. Desiriana Dinardianti, proses lelang pekerjaan bagunan yang nantinya diharapkan mampu melayani masyarakat di beberapa kecamatan yang kesulitan mendapatkan layanan kesehatan lantaran terkendala jarak tempuh.

“Proses lelang pekerjaan Insya Allah jika tidak ada kendala akan mulai digelar pada april, prosesnya multiyears, diharapkan proses peletakan batu pertama proses pembangunan dibulan oktober oleh bapak Bupati,” ungkap dr Hj. Desiriana Dinardianti.

Pembangunan RSUD Tigaraksa juga disebut kepala dinas kesehatan telah mengantongi rekomendasi dari kementerian kesehatan Republik indonesia sehingga tidak lagi ada alasan bagi dirinya untuk menunda – nunda proses pembangunan tersebut.

Baca Juga  Satpol PP Tangsel OTT PSK Online BO Dengan Tarif 500 Ribu

“Kemarin pak Bupati sudah bersurat ke Kementrian Kesehatan, dan alhamdullilah surat balasan dari kementerian memberikan rekomendasi untuk melakukan pembangunan RSUD Tigaraksa,” ungkap dia

Menurut dia, Rekomendasi atau legalitas yang didapat dari kementerian kesehatan RI sekaligus mematahkan opini negatif yang menyebut pembangunan RSUD Tigaraksa tidak sesuai dengan kaidah – kaidah atau kajian teknis yang dinilai dipaksakan oleh sebagian masyarakat.

“Dari PLN juga sudah mengeluarkan pernyataan kalau itu aman, bahkan untuk pengadaan lahan dipersoalkan sudah clear and clean, karna proses pengadaan lahan temen – temen di Perkim sudah melibatkan APH, mulai dari Kejati, Polda, bahkan BPK juga sudah masuk, insya Allah sudah semua kita tempuh diketahui oleh pihak terkait,”ungkap dia

Dikesempatan yang sama, Hilman Saleh Harahap Koordinator Barisan Perjuangan Rakyat Jelata (BARATA) mengaku mengapresiasi komitmen jajaran dinas kesehatan dalam memberikan layanan kesehatan.

Meski begitu, ia bakal mengawal apa yang menjadi komitmen yang telah dibuat oleh dinas kesehatan dan Barata dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang murah dan terjangkau.

“Jangan seperti ditahun – tahun sebelumnya, kita sudah menunggu RSUD taunya diundur, tentunya kita memahami kondisi yang hari ini terjadi dalam proses tersebut,” ungkap Aktifis yang akrab disapa Bung Harahap.

Baca Juga  Bulan K3 Nasional, PT. PWI 2 Lakukan Gerakan Kebersihan Lingkungan

Ia menilai kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan khususnya di beberapa kecamatan diantaranya Panongan, Cikupa, Tigaraksa, Cisoka, Solear dan Jambe sudah mendesak, hal itu menurut Harahap disebabkan jarak yang harus ditempuh untuk mendapatkan layanan kesehatan tidaklah dekat.

“Dalam beberapa kasus kita seringkali mendapati laporan ada masyarakat dari enam kecamatan itu ada yang harus meregang nyawa saat membutuhkan layanan gawat darurat,” jelasnya.

Menurut dia, pembangunan RSUD Tigaraksa nantinya diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan akan layanan kesehatan khususnya masyarakat kabupaten Tangerang berpenghasilan rendah di 6 kecamatan.

“Sebagian besar pasien RSUD adalah masyarakat berpenghasilan rendah atau ekonomi menengah kebawah, kalau mereka yang memiliki penghasilan diatas rata rata mungkin masih dapat memilih ke RS Swasta,” ungkapnya. (Red/Frwt)

Originally posted 2022-08-18 18:46:44.

Share :

Baca Juga

KEPOLISIAN

Cegah Corona, Mapolsek Cikande Disemprot Desinfektan

KESEHATAN

Budi Prayogo: Penanganan Sampah di Tangsel Harus Dipercepat

KESEHATAN

Waduh, Sampah APD Berserakan Di TPU Jombang

BANTEN

Ditbinmas Polda Banten Sosialisasikan Cegah Penyebaran Covid-19

KESEHATAN

Monitoring dan Evaluasi Tingkat Kecamatan Ciptim, Himbau Patuhi Protokol Kesehatan

KESEHATAN

Kapolsek Teluk Naga Adakan Baksos Sekaligus Imbau Patuhi Protokol Kesehatan

KEPOLISIAN

Cegah Corona, Gegana Semprot Disinfektan Serta Ajak Masyarakat Hidup Sehat

KESEHATAN

Kapolsek Teluknaga Beri Motivasi dan Bantuan Pada Penderita Covid-19